Bupati Tapsel Resmikan 10 Sarana Fisik PNPM-MP

www.metrosiantar.com

Bupati Tapsel, Ongku P Hasibuan menandatangani 10 prasasti sarana-prasarana fisik di wilayah Situmba, Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapsel yang dibangun dari dana PNPM.

SIPIROK-METRO; Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Ongku P Hasibuan meresmikan 10 sarana-prasarana fisik yang dibangun melalui kegiatan Program Nasional Pemberdayaan masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) di wilayah Situmba Kecamatan Sipirok, Rabu (21/4).

Di hadapan ribuan warga, Bupati menyampaikan, PNPM merupakan program nasional pola pelaksanaannya lebih menitikberatkan pada masyarakat secara langsung, baik penyaluran dana maupun teknis pelaksanaan. Dengan harapan agar keterbatasan sarana-prasarana di desa langsung menyentuh warga sendiri.

Di samping itu, dengan PNPM pemerintah juga berharap mampu mengentaskan kemiskinan melalui penyaluran dana SPP. Namun dalam pola pelaksanaan PNPM tentu tak lepas dari peran serta pemerintah daerah (kabupaten) agar pelaksanaannya berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan dan sasaran yang diharapkan, sesuai dengan prinsip partisipasi, tranparansi dan disentralisasi.

“Kegiatan pembangunan sarana-prasarana fisik yang didanai PNPM sangat membantu pemerintah daerah dalam mengatasi minimnya fasilitas umum di desa yang belum tersentuh PU, dengan PNPM banyak menyerap tenaga kerja, sehingga generasi yang memiliki kemampuan mendapat lapangan kerja,” ucap Ongku.

Sementara Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Tapsel, Rustam Efendi, dalam laporannya mengatakan, pembangunan sarana-prasarana fisik di desa melalui PNPM sangat efektif dan efisien dalam meningkatkan peran serta seluruh lapisan masyarakat dalam menjalankan pembangunan.

“Proses pelaksanaan pembangunan sarana-prasarana yang didanai dari PNPM di desa sangat efektif dan efisien karena seluruh kegiatan mulai dari administrasi dan pelaksanaan dikerjakan oleh warga desa sendiri,” katanya.

Baca Juga :  Siswa Kota PadangsidimpuanDiimbau Tak Coret-coret Seragam

Adapun kesepuluh jenis kegiatan PNPM-MP di wilayah Situmba yakni, saluran irigasi di Dusun Aek Horsik Desa Situmba Julu, Paret Beton di Dusun Saba Siala Desa Kilang Papan, Gedung Serba Guna di Dusun Rina Bolak Desa Kilang Papan, Jalan Lapisan Penetrasi (Lapen) di Desa Janji Mauli, Jembatan Gelagar Besi di Dusun Gunung Tinggi Sialaman Desa Sialaman, Jalan Lapisan Penetrasi di Dusun Sialaman Julu Desa Sialaman, Jalan Telport di Dusun Silaman Julu Desa Sialaman, Jembatan Gelagar Besi di Dusun Labuhan Rasoki Desa Sialaman dan Jalan Lapisan Penetrasi di Desa Batang Miha. (ran)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*