Bupati Tapsel Resmikan PLTMH Parausorat Sitabo-tabo

Bupati Tapanuli Selatan H.Syahrul M.Pasaribu saat mendapat penjelasan dari Plt.Kadis Perindustrian Setempat Helmi terkait PLTMH Kavasitas 17 Kilowatt yang sejak lama diimpikan masyarakat Desa Parausorat Sitabo-tabo. Kecamatan SD.Hole. (Antarasumut/kodir)
2017020620170205 123544 Bupati Tapsel Resmikan PLTMH Parausorat Sitabo tabo
Bupati Tapanuli Selatan H.Syahrul M.Pasaribu saat mendapat penjelasan dari Plt.Kadis Perindustrian Setempat Helmi terkait PLTMH Kavasitas 17 Kilowatt yang sejak lama diimpikan masyarakat Desa Parausorat Sitabo-tabo. Kecamatan SD.Hole. (Antarasumut/kodir)

Bupati Syahrul M.Pasaribu SH meresmikan Pusat Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) Desa Parausorat Sitabo-tabo, Kecamatan SD.Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan, Minggu.

Dalam sambutannya Bupati Syahrul M.Pasaribu mengatakan PLTMH itu berkapasitas 17 Kilowaatt atau 17 ribu watt, dan diperuntukkan bagi 118 rumah tangga termasuk untuk enam fasilitas umum lainnya seperti puskesmas, rumah ibadah, dan sekolah.

Pusat Listrik Tenaga Mikro Hydro terwujud atas perhatian pemerintah Provinsi Sumatera Utara Tahun 2016 itu menelan dana Rp.2,4 milyar lebih. Yang tidak lepas berkat hubungan sinergitas yang terbangun baik di Provinsi maupun di tingkat pusat, katanya.

“Ditilik dari besaran dana PLTMH Rp.2,4 milyar kalau dibagi dengan 118 jumlah rumah tangga yang menikmati arus listrik 110 watt (0,5 ampere) bertegangan 220 volt setiap rumah tangga desa itu mendapat subsidi dari pemerintah sebesar Rp.20 juta lebih per rumah tangga,”jelasnya.

Nah, warga Sitabo-tabo yang sejak merdeka kini sudah bisa menikmati listrik patutlah mensyukuri itu, dengan harapan kehadiran PLTMH diharap dapat meningkatkan perekonomian warga.

Yang terpenting lagi kata Bupati warga dapat menjaga alam dengan menjaga ekosistem, untuk tidak menebang hutan-hutan yang berada diwilayah tersebut guna menjaga debit air sebagai sumber penggerak mesin PLTMH.

“Kalau hutan diusik (ditebangi) alamat sumber air sebagai sumber penggerak mesin PLTMH bisa terganggu dan akan cukup berdampak bagi kehidupan sekitarnya,”jelasnya.

Baca Juga :  Ikadin: Terkait Pergi ke Batam Lima Hari, Anggota DPRD Kab. Padang Lawas Sakiti Hati Rakyat

Bupati bepesan agar warga rajin memeriksa saluran air dari bak penenang menuju power house (PH) dan memberi pelumas pada generator pembangkit PLTMH agar mesin bisa lebih awet.

Bupati juga mengajak generasi muda anak bangsa di desa tersebut untuk lebih rajin belajar dengan kehadiran PLTMH, karena, sudah tidak terganggu lagi untuk belajar dimalam hari seperti selama ini.

Kemudian program tersebut kata Bupati sejalan mendukung program nasional pemerintahan Presiden RI Joko Widodo terkait energi baru terbarukan sebesar 35 ribu Megawatt.

Peresmian PLTMH itu ditandai pengguntingan pita oleh Bupati Syahrul pada Power House (PH). Hadir dan meyaksikan Wakil Bupati Aswin Efendi Siregar, Sekda Parulian Nasution, Asisten, SKPD, Muspika, dan tokoh tokoh masyarakat setempat.

Bupati Tapanuli Selatan H.Syahrul M.Pasaribu saat mendapat penjelasan dari Plt.Kadis Perindustrian Setempat Helmi terkait PLTMH Kavasitas 17 Kilowatt yang sejak lama diimpikan masyarakat Desa Parausorat Sitabo-tabo. Kecamatan SD.Hole.
Kades Desa Parausorat Sitabo-tabo Pangihutan Sihombing didampingi Sekdes Ramli Sihombing, dan

Tokoh adat Langkat Sihombing mengapresiasi atas dibangunnya PLTMH itu.

“Terimakasih Pemerintah, terimakasih Bapak Bupati Syahrul M.Pasaribu atas dibangunnya PLTMH yang memamfaatkan Aek (sungai) Mandudu di desa kami ini,”ucap mereka.

Bupati Syahrul M.Pasaribu sebelumnya disambut hangat warga secara adat daerah itu dengan pemberian ulos atau kain yang ditenun yang kerap dipergunakan pada acara adat di wilayah Tapanuli Selatan.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 3 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Tidak Pernah Terima Gaji, Butuh Biaya Hidup, TKS Satpol PP Palas Curi Sawit

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*