Bupati Tapsel Resmikan SMKN 2 Batangtoru

Tapsel, Bupati Syahrul M Pasaribu meresmikan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 di Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Jumat (7/8). Peresmian sekolah geologi Pertambangan tersebut ditandai penanda tanganan prasasti oleh Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu SH.

Dalam sambutannya, Bupati Syahrul mengatakan, pembangunan SMK ini berawal dari inisiasi masyarakat setempat yang didasari keberadaan Tambang Emas Martabe di Batangtoru.

Kemudian, masyarakat berinisiatif menyediakan tanah pertapakannya dan Pemkab Tapsel aktif berupaya mengalokasikan dana untuk membangun infrastrukturnya sejak 2011 lalu dan pada tahun pertama 2012, sekolah tersebut mulai menerima siswa baru dengan dua jurusan.

“Masyarakat kita melihat keberadaan tambang saat itu sangat strategis, dan ingin  anak-anaknya bisa bekerja di sana, namun bukan hanya karyawan biasa, tapi sebagai karyawan yang punya skill khusus, karena itu mereka menginisiasi pembentukan SMK ini,”katanya.

Ditambahkan, sebagai kepala daerah, dirinya selalu berupaya menampung aspirasi dan semangat masyarakat untuk pembangunan sekolah itu.

Seiring berjalan dan berkembangnya waktu dan keadaan kata Syahrul PT North Sumatera Hydro Energy atau PLTA Sipirok, Marancar Batangtoru (Simarboru), sedang memulai proses pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Dimana inteknya berada di Sipirok sedangkan Power Hause (PH) nya di antara Marancar dan Batangtoru. Pembangkit tersebut diproyeksikan menghasilkan daya sebesar 510 MW dan merupakan yang terbesar di Pulau Sumatera.

Baca Juga :  Perekrutan CPNS Paluta Formasi 2009 Sarat KKN

“Saya berharap, semua siswa jurusan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik dari SMKN 2 Batangtoru nantinya bisa mengisi lowongan kerja di PLTA terbesar se- Sumatera itu,” pintanya.

Kepala SMKN 2 Batangtoru, Hj Nurlaili, SPd, mengatakan, di sekolahnya ada empat jurusan yakni, Geologi Pertambangan dan Teknik Alat Berat sejak tahun 2012.Teknik Pembangkit Tenaga Listrik sejak 2013 dan Teknik Mesin semenjak tahun ajaran 2015.

“SMKN 2 Batangtoru baru sekali menamatkan siswa. Sudah ada yang bekerja di perusahaan tambang dan alat berat. Kita juga sudah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan bonapid di berbagai provinsi,” jelasnya.

Kadis Pendidikan, Buchori Siregar, bersama Kadis Pertambangan dan Energi, Helmi menyebutkan, siswa SMKN 2 ini selain dari Tapsel juga banyak berasal dari berbagai daerah seperti  Padangsidimpuan, Medan, Asahan, Labuhanbatu, Tapteng, Sibolga dan Sumatera Barat.

“SMKN 2 Batangtoru ini merupakan SMK Geologi Pertambangan dan Energi pertama yang didirikan di wilayah Prov. Sumut dan Sumbar,” ujar Buchori. (hih)


(Analisa).

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 4 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*