Cabai dan Tomat Rp20 Ribu per Kg Di Madina

Rabu, 13 Januari 2010 – www.metrosiantar.com

cabe merah Cabai dan Tomat Rp20 Ribu per Kg Di Madina
Cabai dan Tomat Rp20 Ribu per Kg Di Madina

MADINA-METRO; Mulai awal Januari hingga Selasa (12/1), harga cabai merah dan tomat mencapai Rp20 ribu per kilogram, di pusat perbelanjaan tradisional, Pasar Baru Panyabungan dan Pasar Mompang, Kabupaten Mandailing Natal.

Sejumlah pedagang memprediksikan harga kedua bahan pembuat sambal tersebut bakal terus merangkak naik. Hal tersebut disebabkan bahan baku semakin sulit diperoleh di pasaran, sedangkan stok yang tersedia terus menipis.

Malan (47) seorang pedagang sayur di Pasar Baru Panyabungan, kepada METRO mengatakan, kalau harga cabai merah hingga Selasa (12/1) lalu bertahan di kisaran harga Rp20 ribu per kilogram begitu juga dengan harga tomat.

“Harga cabai merah naik sejak sepekan yang lalu. Sebelumnya, harga cabai masih Rp13 ribu per kilogram. Sedangkan harga tomat mencapai harga yang sama dengan harga cabai. Bahkan, kenaikan harga tomat dimulai akhir Desember lalu. Padahal harga sebelumnya hanya Rp5 ribu per kilogram,” kata Malan.

Malan mengaku, akibat kenaikan harga tersebut daya beli masyarakat menurun. Para konsumen cenderung mengurangi konsumsi cabai dan tomat. Bahkan tak jarang pula konsumen membatalkan niat membeli cabai dan tomat. Endar (43) seorang toke cabai asal Desa Lumban Dolok, Kecamatan Siabu, Kabupaten Madina, yang ditemui di Pasar Mompang, menyebutkan, kenaikan harga tersebut akibat pasokan cabai terbatas, bahkan pasokan yang terbatas itu pun sulit untuk didapat.

Endar yang sudah menjual cabai selama puluhan tahun ini, mengaku, harga bahan pokok sayuran sesuai dengan kondisi, semakin sedikit bahan yang masuk ke pasar maka harga akan naik secara otomatis, begitu juga sebaliknya.

Endar menambahkan, saat ini cabai yang banyak masuk ke pasar adalah cabai yang berasal dari Sumatera Barat, yakni dari Pasaman sedangkan petani cabai di Kabupaten Madina saat ini belum menghasilkan.

“Harga cabai ini masih diprediksikan naik apabila barangnya masih langka di Madina. Selama ini kita memperoleh cabai dari Desa Tanotiris juga Sibanggor. Di samping sebagai daerah penghasil cabai, mutu cabai di 2 desa itu juga sangat bagus. Tetapi, hingga sekarang kedua desa tersebut belum menghasilkan,” lanjutnya. (mag-02)

POST ARCHIVE: This content is 8 years old. Please, read this content keeping its age in Mind
google Cabai dan Tomat Rp20 Ribu per Kg Di Madinafacebook Cabai dan Tomat Rp20 Ribu per Kg Di Madinatwitter Cabai dan Tomat Rp20 Ribu per Kg Di Madinalinkedin Cabai dan Tomat Rp20 Ribu per Kg Di Madinaemail Cabai dan Tomat Rp20 Ribu per Kg Di Madinaprint Cabai dan Tomat Rp20 Ribu per Kg Di Madina

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*