Cabai Merah Rp. 10.000 per Kg Di Sakumpal Bonang

Pasca Lebaran, harga sejumlah kebutuhan pokok, khususnya cabai merah di Pasar Sangkumpal Bonang, Kota Padangsidimpuan (Psp) mengalami penurunan dari beberapa pekan lalu. Saat ini, cabai merah dijual dengan harga Rp12 ribu per kilogram (kg), bahkan ada yang menjual Rp10 ribu per kg. Padahal di bulan Ramadan harga cabai sempat mencapai Rp50 ribu per kg.

Penurunan harga juga terjadi pada tomat. Buah berwarna merah dan biasa digunakan untuk membuat sambal ini dijual pedagang di kisaran Rp3 ribu per kg. Sebelumnya harga tomat bertahan di level Rp5 ribu per kg.

Pedagang cabai di Pasar Sangkumpal Bonang, Nur Boru Hasibuan, mengaku, penurunan harga disebabkan pasokan cabai melimpah. Sebab, para petani penyuplai cabai dari Morang dan Siais di Tapsel, Siborong-Borong, Tapanuli Utara (Taput), Brastagi, Karo, sedang memasuki puncak musim panen.

Selain itu, sambungnya, cabai yang dari Tapsel biasanya dipasarkan hingga ke wilayah Sumatera Barat dan Riau, tetapi karena pertimbangan harga yang begitu murah, akhirnya para petani menumpuk cabai di daerah sendiri.

Nur Boru Hasibuan, menambahkan, harga cabai mulai turun terhitung sejak lebaran lalu.

Saat itu, dijual masih di kisaran harga Rp15 ribu per kg, selanjutnya setiap hari terus-menerus turun, hingga Kamis (16/9) dijual Rp12 ribu, bahkan ada juga yang menjual Rp10 ribu per kg.

Baca Juga :  Kondisi Jalinsum Padangsidimpuan di Desa Hajoran, Baru Diaspal Retak-retak

“Kalau 2 bulan lalu harga cabai masih pedas, sekarang sudah manis. Buktinya, harga cabai murah padahal mutu cabai bagus. Dan kecenderungannya selama sebulan ke depan harga cabai akan stabil,” pungkas Nur Boru Hasibuan, kepada METRO, Kamis (16/9).

Pedagang lainnya, Bronton Panjaitan, menambahkan, anjloknya harga cabai merah dan tomat disebabkan di saat yang bersamaan cabai dan tomat dari berbagai daerah sedang panen.

Di samping itu, permintaan atau daya beli masyarakat pasca lebaran turun sehingga harga jatuh. “Turunnya harga cabai dan tomat lebih disebabkan pasokan barang melimpah,” tukas Bronton Panjaitan.

Adapun harga yang berhasil dihimpun METRO, antara lain, cabai merah Rp10 ribu hingga Rp12 ribu per kg, cabai hijau Rp15 ribu per kg, cabai rawit Rp30 ribu per kg, tomat Rp3 ribu per kg, dan bawang merah Rp14 ribu per kg.

Sumber:

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*