Cairkan Uang Rp. 5,2 M, DPRD Kab. PALAS Curigai Sekwan

Ketua DPRD Padang Lawas (Palas) HM Ridho Harahap bersama anggota DPRD lainnya seperti Ir Samson Fareddy Hasibuan, Yuspan Pulungan, dan Idham Hasibuan, menilai banyak kejanggalan dalam penarikan rekening koran di Sekretariat DPRD. Bahkan, sejak Januari 2010 hingga 14 Mei, jumlahnya mencapai Rp5,2 miliar dengan 32 transaksi. Total anggaran di Sekretariat DPRD tahun 2010 sebesar Rp14 miliar, yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab Sekwan Drs Aritonga Siregar sebagai pengguna anggaran.

suspicious2 Cairkan Uang Rp. 5,2 M, DPRD Kab. PALAS Curigai Sekwan
CURIGA NI YE……!

Sementara, kata wakil rakyat ini, hingga saat ini masih banyak Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) yang belum dibayarkan pihak Sekretariat DPRD Palas.

“Kita meminta kepada Sekwan untuk menjelaskan realisasi dana tersebut ke mana-mana peruntukannya, karena kita menilai sampai saat ini banyak anggota DPRD yang terkendala agenda kerjanya karena dana tak ada. Kalau untuk gaji 30 anggota DPRD per bulannya hanya sekitar Rp300 juta. Jika dikalikan 4 bulan, baru sekitar Rp1,2 miliar. Jadi ke mana saja uang itu,” ujar mereka dengan nada tinggi dan penuh curiga kepada Sekwan Drs Aritonga dalam rapat dengar pendapat DPRD dengan Sekwan serta Dispenda di ruang rapat paripurna DPRD, Selasa (1/6).

Sekwan Drs Aritonga menjawab pertanyaan anggota DPRD menyebutkan, dana tersebut diperuntukkan sesuai dengan aturan main yang berlaku untuk kebutuhan Sekretariat DPRD Palas.

Di hadapan dewan, Sekwan sempat menunjukkan bebarapa inventaris yang sudah dibelanjakan, seperti kamera digital sebanyak 5 buah, laptop 4 buah, dan lainnya. Meski demikian para dewan belum bisa menerimanya secara penuh, sehingga DPRD meminta Sekwan membuat laporan penggunaan anggaran yang telah dikeluarkan secara rinci dan tertulis dengan batas waktu seminggu lamanya.

Baca Juga :  Kabut Asap Ganggu Kesehatan Warga Madina

Kepala Inspektorat Palas Samsul Bahri Batubara ketika dikonfirmasi hasil pemeriksaan yang dilakukan pihaknya kepada Sekwan terkait kejanggalan dana Rp5,2 miliar, engga berkomentar. “Kalau itu jangan dulu, sudah memanas kan,” ucapnya sambil berlalu.

Di lain tempat, mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Peduli Pembangunan Palas (GMP3) melalui Ketuanya Mardan Hanafi Hasibuan meminta DPRD jangan hanya gertak semata, namun harus membawa kasus ini ke ranah hukum, jika diduga terjadi penyelewengan penggunaan anggaran.

Jumat, Rencananya Sekwan Diganti

Sementara itu, pergantian Sekwan Kabupaten Palas, Drs Aritonga Siregar, rencananya akan digelar Jumat (4/6) mendatang. Sebelumnya, 30 anggota DPRD Palas telah mengusulkan kepada Bupati Basyrah Lubis SH agar Sekwan diganti karena dinilai tidak mengetahui tupoksinya. Bahkan, dewan menilai Sekwan tidak mau tahu dengan persoalan yang ada.

Sekdakab Palas, Drs Gusnar Hasibuan mengutarakan, rencana pergantian Sekwan akan dilakukan sekitar empat hari kedepan. Sebab hingga saat ini pihak Inspektorat Kabupaten Palas sedang melakukan pemeriksaan masalah keuangan di Sekretariat DPRD Palas sembari menunggu hasilnya. “Yang jelas, empat hari ini sudah ada Pelaksana Tugas (Plt) Sekwan kita buat. Itu paling lambat,” ujar Gusnar kepada METRO, Selasa (1/6).

Disinggung siapa nama calon Plt Sekwan yang akan menggantikan Sekwan, Drs Aritonga, Sekdakab mengatakan hal tersebut rahasia. “Belum bisa kita katakan sekarang, itu rahasia Baperjakat,” katanya sambil berlalu.

Baca Juga :  DPRD Temukan Proyek Bermasalah di Kab. Padang Lawas Utara

Sementara itu isu yang berkembang di lapangan menyebutkan, Plt Sekwan rencananya akan diduduki Mardiah Tobing, yang selama ini menjabat Kabag Keuangan Sekretariat DPRD Palas. Ketika Mardiah ditanya apakah benar dirinya yang akan menggantikan Sekwan Drs Aritonga sebagai Plt, Mardiah meminta agar METRO menunggu tanggal atau waktunya saja. “Sekarang doakan sajalah berjalan dengan baik,” ungkap Mardiah dengan tersenyum.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*