Calo CPNS Langkat Ditangkap Polisi

cpns Calo CPNS Langkat Ditangkap PolisiSeorang guru honorer, Budiono, ditangkap polisi dari kediamannya di kawasan Sawit Sebrang, Langkat, Senin (20/12). Dia diduga menipu sejumlah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Langkat. Penangkapan dilakukan setelah polisi menerima pengaduan dari seorang warga yang menjadi korban. Namun, Budiono mengaku hanya bertugas mencari warga yang ingin bekerja sebagai PNS. “Saya hanya ditugaskan mencari warga. Urusan lulus tidaknya saya tidak tahu,” katanya kepada petugas di Mapolresta Langkat, Senin (20/12).

Dia mengaku, telah mendapatkan 20 orang untuk dijanjikan lulus CPNS tahun ini. Masing-masing menyerahkan uang dengan jumlah bervariasi, antara Rp 50 juta hingga Rp 100 juta. Total, dari 20 orang tersebut, Budiono berhasil mengumpulkan Rp 600 juta.

“Jumlah uangnya bervariasi. Ada yang ngasi seratus juta, tapi ada juga yang nggak sampe segitu,” katanya.

Namun, Budiono mengaku tidak bekerja sendiri. Dalam menjalankan aksinya, dia bersama sindikatnya nekat memalsukan Surat Keputusan (SK) pengangkatan PNS seolah dikeluarkan Bupati Langkat dan Gubernur Sumatera Utara.

Untuk meyakinkan korban, SK tersebut kemudian diserahkan kepada warga yang telah menyetorkan uang. “Biar warga yakin, kami tunjukkan bahwa sudah ada SK dia diangkat sebagai CPNS,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Langkat, AKBP Mardiyono mengatakan, pihaknya sedang memburu tersangka ED, seorang guru yang diketahui sebagai anggota sindikat penipuan ini. “Kami masih terus melakukan pengembangan, karena penipuan ini dilakukan secara sindikasi,” katanya.?(TribunMedan)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Teroris Tantang Perang, Diperkirakan 5 Serangan Baru Disiapkan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*