Calon-calon Kuda Hitam di Piala Dunia Brasil

Jakarta – Setiap ajang Piala Dunia selalu menghadirkan kejutan dari negara yang bukan masuk unggulan. Permainan negara-negara itu dapat menyulitkan negara-negara unggulan dan langganan juara.

Tak hanya itu, negara-negara kuda hitam itu bahkan dapat meraih prestasi yang tak diramalkan sebelumnya. Lihat saja kiprah Korea Selatan pada Piala Dunia 2002.

Negeri Ginseng itu membuat kejutan saat menyingkirkan dua negara `adidaya` sepakbola, Italia dan Spanyol. Laju Korsel di Piala Dunia pun akhirnya dihentikan Jerman di babak semifinal.

Pada Piala Dunia 2014 Brasil ini, banyak pihak menyebut Belgia sebagai calon kuda hitam. Karena tim ini diisi sejumlah pemain muda yang menjadi andalan di klubnya masing-masing.

Siapa lagi calon kuda hitam Piala Dunia 2014, lihat di sini:

1. Belgia

Belgia lolos ke Brasil setelah menjadi pemuncak di Grup A babak kualifikasi Zona Eropa. Belgia melaju dengan mulus setelah meraih delapan kemenangan dan hanya menelan dua hasil imbang di kualifikasi.

Kiprah Belgia di Piala Dunia pun tak diragukan. Mereka sudah 12 kali lolos ke laga bola akbar empat tahunan itu. Prestasi terbaik Belgia adalah saat mereka maju ke babak semifinal Piala Dunia 1986 di Meksiko. Belgia pun finis di urutan keempat.

Kini publik menunggu kiprah Belgia di Brasil. Negara berperingkat 12 FIFA itu akan mengandalkan pemain-pemain top di klub-klub Eropa.

Dua kiper tangguh Thibaut Courtois (Atletico Madrid) dan Simon Mignolet (Liverpool) akan bersaing menjaga gawang Belgia. Sedangkan lini belakang Belgia akan diisi Vincent Kompany (Manchester City), Jan Vertonghen (Tottenham Hotspur), dan Thomas Vermaelen (Arsenal).

Belgia pun memiliki talenta muda untuk mengisi lini tengah seperi Marouane Fellaini (Manchester United), Eden Hazard (Chelsea), Adnan Januzaj (Manchester United), dan Kevin Mirallas (Everton). Sedangkan Romelu Lukaku akan menjadi juru gedor di lini depan Belgia.

Di Brasil, Belgia berada di Grup H bersama Aljazair, Rusia, dan Korea Selatan. Tim Setan Merah diprediksi bakal mulus melaju ke babak 16 Besar.

2. Bosnia-Herzegovina

Ini merupakan kali pertama Bosnia-Herzegovina tampil di Piala Dunia. Untuk melaju ke Brasil, Bosnia-Herzegovina tampil menawan di babak kualifikasi Piala Dunia.

Baca Juga :  Jalan di Sidangar-dangar Diaspal

Edin Dzeko cs berhasil menjadi pemuncak Grup G kualifikasi Zona Eropa, ini berarti otomatis lolos ke Brasil. Negara pecahan Yugoslavia ini mengalahkan mantan Juara Eropa, Yunani.

Di Brasil nanti, Bosnia-Herzegovina tergabung di Grup F bersama Argentina, Iran, dan Nigeria. Bosnia-Herzegovina diprediksi bakal melaju ke 16 besar untuk mendampingi Argentina yang menjadi favorit di grup ini.

Bosnia-Herzegovina akan mengandalkan pemain-pemain top yang membela klub Eropa. Untuk kiper, ada nama Asmir Begovic yang membela klub Inggris Stoke City.

Sementara lini belakang Bosnia-Herzegovina akan dikawal Emir Spahic (Bayer Leverkusen). Sementara di lini tengah, akan diisi Miralem Pjanic (AS Roma) dan Izet Hajrovic (Galatasaray). Edin Dzeko pun diharapkan menjadi juru gedor tokcer selama Piala Dunia.

3. Rusia

Rusia melaju ke Brasil dengan mulus setelah menjadi juara grup pada babak kualifikasi Piala Dunia. Rusia mengalahkan Portugal yang berada di posisi kedua.

Di Brasil, Rusia ditangani pelatih berpengalaman, Fabio Capello. Pelatih berkebangsaan Italia itu sudah kenyang akan trofi juara bersama sejumlah klub besar Eropa seperti AC Milan, AS Roma, Juventus, bahkan Real Madrid.

Rusia akan akan bergabung di Grup H bersama Belgia, Aljazair, dan Korea Selatan. Rusia diprediksi akan mendampingi Belgia untuk lolos dari penyisihan grup.

Tak ada pemain-pemain dari klub-klub elit Eropa yang mengisi skuat Rusia. Meski demikian, Capello tetap pede akan pemain yang dibawanya ke Brasil nanti.

Bermaterikan pemain yang bermain di liga domestik, Rusia akan diperkuat kiper Igor Akinfeev, Yuri Zhirkov (Dynamo Moskow), dan Aleksandr Kerzhakov (Zenit St Petersburg).

4. Jepang

Jepang menjadi negara pertama yang memastikan diri menembus putaran Piala Dunia 2014 di Brasil. Kendati “Samurai Biru” sempat tampil tidak menyakinkan di putaran ketiga Kualifikasi zona Asia, Jepang memiliki modal bagus menatap Piala Dunia 2014.

Jepang, yang dilatih pelatih kawakan Alberto Zaccheroni, akan bergabung dengan Kolombia, Yunani, dan Pantai Gading di Grup C Piala Dunia 2014 di Brasil nanti. Jepang diprediksi melaju ke babak 16 besar.

Baca Juga :  Dana Desa Mengendap di Rekening Pemkab Palas

Jepang mendapat keuntungan, sebab pesaing mereka, Kolombia, tak dapat diperkuat striker handal mereka, Radamel Falcao selama Piala Dunia.

Di Brasil, Zaccheroni akan mengandalkan sejumlah pemain yang merumput di klub elit Eropa. Seperti Shinji Kagawa (Manchester United), Yuto Nagatomo (Inter Milan), Keisuke Honda (AC Milan), dan Atsuto Uchida (Schalke 04).

5. Kroasia

Kroasia melaju ke Piala Dunia 2014 dengan penuh perjuangan. Kroasia harus melalui babak playoff untuk memastikan satu tiket ke Brasil.

Kroasia tergabung di Grup A bersama Brasil, Meksiko, dan Kamerun. Skuat asuhan Niko Kovac itu diprediksi menjadi tandem bagi Brasil untuk lolos dari Grup A dan maju ke babak 16 besar.

Pelatih Niko Kovac akan mengandalkan pemain-pemain top Eropa untuk dapat tampil maksimal di Brasil. Di lini belakang, Kroasia akan diperkuat bek berpengalaman Darijo Srna (Shakhtar Donetsk) dan bek tangguh Dejan Lovren (Southampton).

Sementara di lini tengah, Niko Kovac mengandalkan kreativitas Luka Modric (Real Madrid), Ivan Rakitic (Sevilla), dan Mateo Kovacic (Inter Milan). Sedangkan Mario Mandzukic (Bayern Muenchen) dan Nikica Jelavic menjadi andalan untuk urusan membuat gol.

Kroasia tentu ingin mengulangi kisah sukses mereka di Piala Dunia 1998. Saat itu, mereka tampil sebagai kuda hitam dan mampu finis di peringkat ketiga.

(Arry Anggadha) – bola.liputan6.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*