Calon Legislatif 2014: 90% Muka Lama

Inilah salah satu bias demokrasi, konsekwensi berdemokrasi, siapapun sekarang ini bisa jadi pemimpin atau pun pejabat, mau dia bekas bajingan, bekas koruptor, bekas germo, bekas mucikari, bekas napi, bekas lonthe, bekas gentho (preman) atau bahkan masih menggentho, dan lain sebagainya, asal mendapat dukungan terbanyak, bisa jadi pejabat.

Yang terpenting sekarang adalah rakyat yang harus cerdas dan bijak untuk menentukan pemimpinnya ke depan agar negeri ini tidak makin terpuruk dan hancur.

Sembilan Puluh Persen Caleg 2014 Adalah Muka Lama

Koalisi Untuk Akuntabilitas Keuangan Negara (KUAK Negara) menyimpulkan ada 90 persen anggota DPR RI mencalonkan dirinya kembali pada tahun 2014. Jumlah anggota DPR yang mencalonkan diri kembali tahun depan ada 507 orang.

Rincian anggota DPR yang kembali mencalonkan diri pad Caleg 2014 terdiri dari :

  • Partai Demokrat : ada 33 orang,
  • Golkar : ada 82 orang,
  • PDIP : ada 84 orang,
  • PKS : ada 57 orang,
  • PAN : ada 42 orang,
  • PPP : ada 33 orang,
  • Gerindra : ada 24 orang,
  • PKB : ada 26 orang, dan
  • Hanura : ada 16 orang.

Tercatat hampir 90 persen anggota DPR incumbent maju lagi dalam Pemilu 2014,” ujar Sri Nilawati dari IBC, Minggu (5/5/2013).

Sri menjelaskan sebagian besar anggota DPR diantaranya mereka diduga akan fokus pada pencarian dana kampanye dibandingkan bekerja dengan baik menjelang masa akhir jabatan.

Baca Juga :  6,7 Juta Pria Indonesia Doyan Seks Sembarangan

“Kemungkinan akan banyak terjadi proses penyalagunaan wewenang dimana fasilitas negara dan tugas sebagai legislatif dibajak dan diselewengkan untuk kampanye 2014,” ungkap Sri Nilawati.

Selain anggota DPR, KUAK juga menemukan data menteri yang mendaftar sebagai caleg ada 10 orang. Namun ada perhitungan lainnya yang dapat menyatakan bahwa “muka lama tetap akan menghiasi” gedung dewan kita yang menghasilkan angka lebih dari 90 persen.

Kesimpulan itu di dapat karena dari 560 orang anggota DPR periode 2009 – 2014, sebanyak 507 anggota DPR tetap mendaftar kembali sebagai “muka lama” calon legislatif (caleg) dalam Pemilu 2014.

Jumlah itu setara dengan 90,5 persen dari total anggota DPR saat ini yang sebanyak 560 orang. Demikian disampaikan koordinator Formappi, Sebastian Salang, Minggu (28/4/2013), di Jakarta.

Salang menyebutkan, dari segi persentase, PKS menjadi parpol yang paling banyak memakai incumbent (petahana), yakni 100 persen dari total petahana sebanyak 57 orang. Golkar menjadi yang paling sedikit yakni 82 orang, atau 86,7 persen dari total petahana sebanyak 106 orang.

Sumber: forums.merdeka.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*