Camat Barumun Tengah; Stop Ambil Ikan dengan Memutas!

Camat Barumun Tengah (Barteng) Hamzah Nasution SSos mengimbau masyarakat agar jangan mengambil ikan di sungai Sihapas dan Barumun dengan cara mamutas atau meracun ikan.

“Mengambil ikan di sungai besar seperti Sihapas dan Barumun sudah ada dibuat peraturannya setiap desa. Masyarakat boleh mengambil ikan di sepanjang sungai Barumun dan Sihapas dengan cara memancing, menjala, merambang, serta cara lain yang tidak merusak ekosistem biota air sungai,” ujar Camat kepada METRO, Minggu (20/6).

Camat menambahkan, Sungai Sihapas dan Barumun terkenal dengan ikannya yang khas, seperti bahung, lamase, batulu, habaro, udang dan ikan sungai jenis lainnya yang tergolong gurih rasanya.

“Bahkan banyak masyarakat selain bertani, menekuni nelayan sungai untuk menangkap ikan untuk diperjualbelikan, menambah pundi-pundi penghasilan masyarakat,” terang Camat.

Salah satu masyarakat yang menekuni nelayan Sungai di sepanjang sungai Sihapas, Mara Lokot (50), yang terkenal dengan kemashurannya menangkap ikan di sungai mengutarakan, akibat banyaknya masyarakat menangkap ikan dengan tidak cara-cara alami membuat populasi ikan setiap tahun berkurang.

“Memang kita akui kalau dengan cara-cara modern, seperti menyetrum, manuba (meracun ikan, red) ikan lebih banyak dapat dalam kurun waktu yang singkat, tapi dampaknya terhadap populasi habitat sungai sangat besar,” ujarnya.

Sumber: http://metrosiantar.com/MENUJU_PALAS-PALUTA/Stop_Ambil_Ikan_dengan_Memutas

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Jalan Provinsi Mirip Kubangan Kerbau

1 Komentar

  1. Pak Camat, kalau sudah tahu begitu…langsung kerja sama dengan Palisi, supaya orang-orang itu ditangkap, jangan tunggu habis ikannya baru menangis… bukan Bapak yang menangis tapi anak-anak mereka yang di kampung itu. Kalau bapak nanti habis jabatan selesai dan pensiun, uang banyak bisa terus beli ikan. Mereka …. usaha apalagi… ikan sudah habis, kahirnya jadi maling…. urusan lagi….

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*