‘Capello Adalah Kesalahan Inggris’

Meski tampil meyakinkan di sesi kualifikasi, timnas Inggris gagal total di Piala Dunia 2010. Soal materi pemain, skuad Three Lions diisi para pesepakbola top dunia. Lalu apa yang salah?

Sekali lagi Inggris harus mengubur mimpinya untuk bisa mengangkat trofi Piala Dunia keduanya. Di Afrika Selatan, pasukan arahan Fabio Capello ini tidak mampu menunjukkan performa oke dan justru harus pulang cepat setelah kandas di perdelapanfinal.

Padahal dalam babak kualifikasi, Inggris tampil sangat menyakinkan. Dari 10 laga, Frank Lampard dkk. menang sembilan kali dan cuma kalah sekali. Bahkan tim ‘Tiga Singa’ adalah salah satu tim tersubur dengan 34 kali membobol gawang lawan.

Dari segi pemain, Inggris tidak perlu diragukan. Lampard, Steven Gerrard, Wayne Rooney, Ashley Cole dan John Terry adalah para pemain terbaik di bidang permainan masing-masing.

Dalam wawancara eksklusifnya dengan Daily Mirror, Jose Mourinho punya pendapat sendiri mengenai permasalahan Inggris tersebut. Menurut arsitek Real Madrid ini pangkal permasalahan justru pada Capello.

Mourinho bahkan menjamin bahwa Inggris tidak akan pernah juara di bawah Capello. Ia berpendapat, Capello yang juga pernah menangani Madrid ini telah menciptakan hubungan yang tidak nyaman dengan para pemainnya.

“Jelas sekali. Capello tidak akan berhasil bersama Inggris. Dia tidak mengenal para pemain. Mereka takut kepadanya dan mereka tidak bisa bermain untuk dia,” nilai mantan pembesut Chelsea dan Inter Milan itu.

Baca Juga :  Luis Enrique dan Jill Ellis pelatih terbaik FIFA 2015

“Masalahnya ada pada manajer. Tidak ada hubungan timbal balik kepada pemain. Tanya saja pada para pemain Madrid. Dia tidak bisa berubah. Anda tidak akan pernah berhasil hanya dengan berteriak kepada pemain. Mereka butuh diperlakukan spesial.”

Capello memang sangat keras dalam melatih Inggris. Setelah melarang WAG’s terlalu dekat dengan pemainnya, ia juga dikabarkan tidak pernah mau mengumumkan starting XI bahkan kepada pemainnya sendiri hingga dua jam sebelum laga.

“Bagi saya, ini adalah bencana buat Inggris. Para pemain butuh taktik yang jelas. Mereka tidak boleh bingung tentang apa yang harus dilakukan. Ini adalah kesalahan manajer. Dan ini hal yang sangat memalukan,” tutup pria Portugal itu.

Sumber : http://www.detiksport.com/sepakbola/read/2010/08/25/160309/1427828/73/capello-adalah-kesalahan-inggris?b99110270

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*