Cara Mudah Untuk Berhenti Merokok

Rokok adalah racun yang dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya. Sebagian perokok aktif tentu sudah pernah mencoba berbagai cara agar terlepas dari kebiasaan merokok namun mengalami kegagalan di tengah jalan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar Anda bisa berhenti merokok seperti berikut ini:

  • Perjelas alasan Anda

    Berikan alasan yang jelas untuk diri sendiri sebelum memutuskan untuk berhenti merokok. Alasan merokok tidak baik untuk kesehatan tidak cukup untuk memotivasi Anda. Carilah alasan-alasan yang lebih kuat dan masuk akal seperti menghindari keluarga dari asap rokok, menjaga penampilan, dan mencegah terserang penyakit kanker paru-paru atau alasan lain yang dapat memotivasi Anda.

  • Lakukan terapi

    Sebanyak 95 persen orang mencoba berhenti merokok tanpa melakukan terapi hingga akhirnya kembali menyentuh rokok. Mereka berdalih nikotin pada rokok yang membuatnya menjadi ketergantungan. Oleh karena itu, tak ada salahnya Anda mencoba terapi supaya bisa berhenti merokok.

  • Tanyakan resep obat

    Lakukanlah konsultasi dengan dokter dan tanyakan resep yang harus dikonsumsi. Saat ini, sudah terdapat obat yang dapat mengurangi rasa lapar dari pengaruh zat kimia dalam otak. Obat tersebut juga dapat menjadikan rokok sebagai hal yang tidak memuaskan serta dapat membantu dalam mengurangi gejala depresi dan sulit berkonsultasi.

  • Jangan lakukan sendiri

    Saat Anda memutuskan berhenti merokok, beritahukan hal ini kepada keluarga, teman dekat, dan pasangan agar mereka turut mendukung dan mengingatkan Anda agar berhenti merokok.

  • Jauhkan diri dari pemicu lainnya

    Alkohol adalah pemicu paling umum untuk merokok. Saat Anda berasa dalam tahap awal proses berhenti merokok, cobalah mengonsumsi alkohol lebih sedikit daripada biasanya atau pindah ke minuman lainnya. Jika Anda merokok seusai makan, segeralah menyikat gigi atau mengunyah beberapa permen karet untuk menghindari keinginan merokok.

  • Olahraga

    Melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dapat membantu Anda untuk mengurangi kecanduan nikotin. Anda dapat melakukan beberapa olahraga ringan seperti berjalan bersama binatang peliharaan. Kalori berlebih yang Anda buang juga dapat menangkal penambahan berat badan saat Anda berhenti merokok.

  • Konsumsi buah dan sayuran

    Buah dan sayuran memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Penelitian yang dilakukan oleh Duke University menyatakan bahwa buah dan sayuran mampu membuat rokok menjadi terasa tidak enak atau buruk.

Berhenti merokok adalah investasi besar, tidak hanya bagi kesehatan Anda, tetapi juga bagi orang-orang di sekitar Anda, yang Anda cintai.

Sumber: MeetDoctor.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 4 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*