Cara Sehat Menikmati Menu Lebaran

Menu lebaran tentulah sangat mengoda mata dan lidah. Tapi untuk orang-orang dengan penyakit tertentu, beberapa jenis makanan khas lebaran justru menjadi pantangan. Tapi, ada beberapa cara sehat untuk tetap dapat menikmati menu lebaran.

Lebaran biasanya identik dengan makanan manis, bersantan dan berlemak. Jenis makanan inilah yang menjadi musuh utama bagi orang dengan penyakit diabetes, kolesterol tinggi, asam urat dan hipertensi (tekanan darah tinggi).

“Untuk orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu, saat lebaran tetap harus mengontrol pola makan. Menu lebaran tetap bisa dinikmati, tapi dengan syarat-syarat tertentu,” tutur Dr. H. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB,FINASIM, dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Lambung dan Pencernaan, FKUI-RSCM, saat dihubungi detikHealth, Jumat (10/9/2010).

Menurut Dr Ari, agar menu lebaran tetap dapat dinikmati, ada beberapa syarat yang harus dilakukan, yaitu sebagai berikut:

1. Perhatikan kalori makanan yang dikonsumsi

“Biasanya yang menjadi masalah saat lebaran adalah kue-kue yang manis dan mengandung mentega. Cuma icip-icip sedikit tapi kalau makannya sering ya jadi masalah,” tambah dokter sekaligus Ketua Bidang Advokasi PB PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia).

Untuk itu, orang dengan kondisi kesehatan tertentu perlu benar-benar memperhatikan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuhnya.

Jika sudah banyak makan kue-kue manis, maka sebaiknya asupan kalori dari makanan besar harus dikurangi. Hal ini untuk mengimbangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga :  Mengapa Gampang Sariawan Saat Puasa?

2. Serap kolesterol dengan sayur dan buah

Bila tetap ingin menikmati menu lebaran, maka perbanyaklah makan sayur dan buah. Sayur dan buah dapat menyerap dan mengimbangi kandungan kolesterol dalam tubuh, juga melancarkan sistem pencernaan.

3. Tetap patuh mengonsumsi obat

Meski lebaran, orang dengan kondisi kesehatan tertentu tidak boleh melupakan dan mengabaikan kewajibannya untuk mengonsumsi obat. Selain untuk tetap menjaga kondisi tubuh, minum obat dapat meminimalkan dampak dari menu lebaran yang dikonsumsi.

4. Perhatikan waktu makan

“Makan hanya saat sarapan, makan siang dan makan malam saja dan selebihnya sedikit kudapan diantara waktu makan tersebut, dengan memilih buah atau sedikit kue,” tulis DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc dari Departemen Ilmu Gizi FKUI kepada detikHealth.

Dengan tetap memperhatikan pola makan, memungkinkan orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu untuk dapat menikmati menu lebaran dan tetap sehat.

Sumber: http://health.detik.com/read/2010/09/10/160554/1438889/766/cara-sehat-menikmati-menu-lebaran?993306755

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*