Cegah Penularan Malaria di PALUTA

www.metrosiantar.com

Daerah EndemisTerima Seribu Kelambu
PALUTA-METRO; Rangka mencegah penularan penyakit malaria di daerah endemis di Padang Lawas Utara (Paluta), Pemkab Paluta melalui Dinas Kesehatan dan Sosial mendistribusikan 1000 kelambu berinsektisida ke empat puskesmas endemis Malaria. Seperti ke Puskesmas  Dolok, Dolok Sigompulon, Simangambat, dan Puskesmas Desa Batang Pane 2 Kecamatan Padang Bolak.

Demikan disampaikan Kepala Dinas Kesehatan dan Sosial Paluta, H Mara Bintang Harahap SKM MSc melalui Kepala Bidang Penanggulangan dan Pemberantasan Penyakit dr Irwan didampingi wasor malaria, Ganti Paruntungan Pulungan SKM kepada METRO, Rabu (3/3).

Dikatakan dr Irwan, pemberian kelambu berinsektisidasi tersebut kepada daerah endemis sebagai upaya perlindungan masyarakat dari penularan penyakit malaria. “Pencegahan malaria yang paling efektif adalah menggunakan kelambu berinsektisida aman yang berkemampuan melumpuhkan vektor (nyamuk),” ucapnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, pembagian kelambu insektisida tersebut adalah langkah pendukung untuk mengantisipasi jatuhnya korban akibat serangan malaria di daerah endemis.

Selain itu, Dinkes Paluta terus melakukan berbagai upaya untuk mengatasi penyebaran kasus malaria tersebut di daerah endemis. Antara lain dengan cara pengobatan, penerjunan juru malaria desa, penyemprotan, serta penyuluhan. Dirinya berharap kepada warga di daerah endemis, agar menggunakan kelambu berinsektisidasi tersebut. (thg)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Aksi Jambret Marak di Padangsidimpuan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*