Cegah Perkembangan Hama di Madina, Warga Diimbau Tanam Padi Serentak

Untuk mencegah perkembangan hama wereng, tikus, dan lainnya yang otomatis mengurangi produksi panen padi, maka para petani di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) diimbau untuk melakukan tanam serentak.

Hal ini diungkapkan warga Desa Manyabar, Madina, Karim Hasibuan. Menurutnya, pada musim panen terakhir sebagian petani mengalami penurunan hasil panen padi mencapai 35 persen dari tahun lalu.

Pada musim lalu, sambungnya, penghasilan petani mencapai 60 kaleng per bunbun atau 360 kaleng per hektare (ha). Namun, beda dengan hasil tahun ini yang hanya 40 kaleng per bunbun atau 240 kaleng per ha.

“Ini diakibatkan banyaknya hama yang muncul di musim tanam terakhir, baik hama jenis wereng, hama tikus, serta hama insektisida lainnya. Kondisi hama ini disebabkan para petani kurang kompak untuk menentukan masa tanam secara serentak atau secara bersamaan,” jelas Karim diamini petani lainnya, Rabu (20/10).

Sementara itu, Kepala Bagian Humasy Pemkab Madina, M Taufik Lubis SH MM, saat ditemui METRO, di ruang kerjanya, belum lama ini menyebutkan, semestinya para petani sekitar mengawali menggarap sawah secara bersama-sama atau serentak karena itu merupakan salah satu untuk menghindari hama sawah. Dan dari kebersamaan menanam maka petani juga akan bisa melakukan upaya pembasmian hama secara bersama-sama.

“Pemkab juga menganjurkan kepada petani di berbagai daerah di Madina untuk menentukan masa tanam secara serentak. Sebab, hal ini salah satu upaya dasar untuk meminimalisir munculnya hama sawah untuk meningkatkan hasil tani,” sebut Taufik

Baca Juga :  Banyak korupsi di Pemkab Madina

Disampaikannya, Pemkab Madina juga memprioritaskan peningkatan hasil pertanian yang ada di Madina dengan menerapkan program-program langsung kepada masyarakat dengan rutin memberikan penyuluhan dan membantu pembasmian hama tersebut.

“Madina merupakan daerah agriculture atau daerah pertanian. Apabila hasil tani masyarakat meningkat maka kesejahteraan masyarakat juga lebih bagus dan Pemerintah juga berhasil dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Sumber: http://metrosiantar.com/Metro_Tabagsel/Cegah_Perkembangan_Hama_di_Madina_Warga_Diimbau_Tanam_Padi_Serentak_

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*