Cegukan sulit berhenti? Coba 10 cara sederhana ini

Cegukan memang menyebalkan. Sebab selain mengganggu pernapasan Anda, cegukan juga mampu menimbulkan guncangan dalam tubuh yang bisa membuat Anda merasa sakit. Oleh karena itu Anda pun melakukan berbagai macam cara untuk menghentikannya.

Jika cara yang biasa Anda gunakan tidak berhasil untuk menghentikan cegukan, cobalah cara rumahan nan sederhana di bawah ini.

Makan gula
Makan gula merupakan solusi sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan cegukan. Caranya adalah dengan menaruh gula di ujung lidah.

Menutup telinga
Beberapa praktisi medis mengatakan bahwa menutup telinga adalah cara yang brilian untuk menyingkirkan cegukan. Sebab ketika Anda menutup telinga maka akan menekan saraf vagus di pendengaran yang menyebabkan intensitas cegukan menurun.

Berkumur
Berkumur dengan air juga merupakan cara yang bisa Anda lekukan untuk menenangkan saraf vagus yang membuat Anda cegukan.

Makan asam
Makan sesuatu yang asam akan berdampak pada saraf frenikus yang juga mampu menghentikan cegukan.

Minum madu
Selain gula, makanan manis lainnya yaitu madu juga merupakan cara yang efektif untuk menghentikan cegukan. Ketika Anda meminumnya dengan air hangat, maka saraf vagus Anda akan tergelitik sehingga menyebabkan cegukan berhenti.

Minum air dengan sedotan
Minum air dengan sedotan akan menyebabkan ketegangan pada diafragma Anda sehingga saraf frenikus dan vagus tertekan yang menyebabkan cegukan berhenti.

Baca Juga :  Murah Meriah! Ini Rahasia Dede Turun Bobot 14 Kg Tanpa Keluar Banyak Biaya

Menahan napas
Menahan napas merupakan metode paling umum untuk menghentikan cegukan. Caranya adalah tarik napas panjang dan tutup hidung serta mulut Anda minimal 30 detik untuk menghentikan cegukan.

Mengonsumsi tablet antasid
Tablet yang mengandung altasid mampu menghentikan cegukan yang Anda alami. Sebab kandungan kalsium di dalamnya memiliki kemampuan untuk menenangkan saraf dalam tubuh.

Makan secara perlahan
Mengonsumsi makanan secara perlahan merupakan sebuah teknik sederhana untuk menghentikan cegukan. Sebab makan dengan cara ini akan membuat Anda mengunyah makanan dengan baik dan menghentikan cegukan.

Jangan makan berlebihan
Makan secara berlebihan hanya akan menimbulkan banyak tekanan di sistem saraf vagus Anda dan membuat cegukan sulit berhenti. Oleh karena itu konsumsi makanan dengan secukupnya untuk mengentikan cegukan.

Cegukan yang menjengkelkan ternyata bisa diredakan dengan cara di atas. Selamat mencoba!

/Merdeka.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*