Cekal Malaysia Perbincangan Semakin Memanas

Perbincangan atas klaim Malaysia semakin memanas. Bahkan, salah satu forum terbesar di Indonesia, Kaskus, pun turut memperbincangkan masalah klaim akun Mohd Am tentang Sumatera yang seharusnya milik Malaysia.

Bersih tegang dari berbagai komentarpun terjadi. Komentar dari pengunjung Indonesia mencela klaim tersebut, sedangkan komentar dari pengunjung Malaysia mendukung klaim Mohd Am.

12961303731756613252 300x220.56213017751 Cekal Malaysia Perbincangan Semakin MemanasWalaupun Postingan yang menyatakan “Sumatra Milik Malaysia” ditulis oleh satu orang saja, tetapi sangat berpengaruh dan memicu komplik yang berkepanjangan. Dari beberapa halaman komentar yang disambangi, komentar asal Indonesia cukup mendominasi dalam postingan tersebut. Bahkan dalam satu halaman penuh bisa dikomentari oleh akun yang berasal dari Indonesia. Komentar yang disampaikan pun beragam.

“Fakta historik lo bilang? lo tau gak kalau seluruh Malaysia itu adalah milik Indonesia. kenapa? karena Malaysia adalah jajahannya Sriwijaya dan Majapahit, seharusnya Malaysia adalah milik Indonesia..jadi seluruh daerah Malaysia adalah milik Indonesia Raya,” sanggah salah komentar dipostingan tersebut.

“Kami orang sumatera udah merdeka, kami tlah merdeka bersama NKRI pada 17 agustus 1945, kami sangat aman, tentram, damai dan rukun dalam hidup kami bersama NKRI. Di sini banyak suku suku, namun kami tidak pernah terpecah belah bahkan kami akur dan hidup rukun, kami saling bertoleransi karena kami tahu bahwa perbedaan adalah suatu kekayaan bagi kami..,” tulis komentar yang lain.(okezone.com)

Baca Juga :  PM Najib Ultimatum RI, Surat SBY Tak Digubris

Entah apa yang akan terjadi kalau kasus ini semakin panjang dan memanas. Berperang? Bukan jalan yang terbaik. Tetapi bijak dalam bersikap, hati hati dalam mengambil langkah menjadi kunci dalam mempertahankan cinta sebagai ke dua negara yang bermartabat.

Salam – kompasiana.com/hendrij8

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

4 Komentar

  1. Mohd Am itu perlu belajar sejarah lagi ya,di simak betul betul ya bukunya jadinya ya begono,kasihan sekali kau tidak paham sejarah,mau ditarik berapa puluh atau ratus tahun ke belakang,nanti justru kau yang saya klaim bahwa malaysia adalah bagian dari indonesia.

  2. Mohd Am itu cuma sok tau atau emang goblok, atau cuma nyari sensasi aja ya ??? Wong Sumatara udah jelas-jelas masuk NKRI tahun 1945 kok dibilang milik Malaysia!!! Seluruh dunia juga tau. Kok bisa dia sampai kagak tau? Very, very ediot !!! Kalau kagak tau sejarah Indonesia kagak usah ngomong masalah Indonesia aja deh!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*