China Sukses Buat Superkomputer Tercepat di Dunia

Setelah melewati beberapa rangkaian ujicoba, akhirnya China sukses mengembangkan sebuah superkomputer tercepat di dunia.

Negeri Tirai Bambu tersebut akhirnya berhasil membuat komputer supercepat yang kemampuannya sama dengan buatan Amerika, yaitu Jaguar. Demikian yang dilansir China Daily, Senin (6/9/2010).

Superkomputer buatan China ini mampu melakukan 1.000 triliun operasi per detik. Ini artinya kecepatan ini sama dengan Jaguar, yaitu sebesar 1,75 petaflops per detik (1 petaflop setara dengan 1.000 triliun kalkulasi).

Kalkulasi per detik yang dilakukan superkomputer yang diberi nama Tianhe-1 sama dengan yang dilakukan oleh 1,3 miliar orang dalam jangka waktu 88 tahun. Kelebihan lainnya adalah kapasitas memorinya setara dengan koleksi empat perpustakaan yang masing-masing berisi 27 juta buku.

Tianhe-1 itu dijadwalkan akan beroperasi pada September 2010. Tianhe-1 dikembangkan oleh Universitas Teknologi Pertahanan Nasional China sejak 2009.

Sumber: okezone.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*