Cloud Computing Gusur Eksternal Hard Disk?

Siapa yang butuh eksternal eksternal hard disk jika nanti cloud computing benar-benar booming di antara pengguna desktop? Begitulah pertanyaan besar sekaligus tantangan bagi perusahaan penyedia media penyimpanan seperti Western Digital (WD).

Ilustrasi

Albert Chang, Media Bussiness Development Manager Asia Pacifik Western Digital, mengatakan kebutuhan ekstrenal hard disk masih pasti akan dibutuhkan di antara pengguna komputer, kendati cloud computing nantinya akan menjadi tren di masa depan.

“Cloud computing itu sebuah kemajuan inovasi yang bagus. Seperti Facebook, Anda dapat menyimpan foto dan video di sana, lalu membukanya dimana pun. Namun bagaimana pun, eksternal hard disk tetap akan dibutuhkan,” terangnya, di sela-sela peluncuran produk WD yang terbaru, di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (22/12/2010).

Chang mengatakan, cloud computing di satu sisi mampu menyimpan tanpa memerlukan alat berbentuk fisik, namun cloud computing, seperti Facebook mempunyai akses yang dapat dilihat oleh siapa pun, setidaknya oleh anggota teman di jejaring sosial tersebut.

“Eksternal hard disklah yang akan melengkapi itu, foto, video atau apapun yang tidak ingin Anda share secara luas dapat disimpan melalui hard disk ini,” tambahnya.

Selain itu Chang juga menyebutkan cloud computing mempunyai keterbatasan dalam menyimpan file dokumen yang diinginkan. Nah hal tersebut dapat dilakukan oleh media penyimpanan seperti WD, apalagi kapasitasnya makin hari makin besar.

Baca Juga :  'Segera Pindah ke Windows 7, karena XP 'Mati' 2014'

Lalu siapakah yang masih akan menggunakan eksternal hard disk?

“Semua orang masih akan membutuhkannya. Baik itu personal maupun korporat, karena pada dasarnya mem-back up data itu merupakan sesuatu yang penting,” tandasnya. (okezone.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*