Cloud Computing Tingkatkan Efisiensi UKM

JAKARTA, Nopember 2013 – Sebagai penggerak perekonomian Indonesia, dukungan terhadap Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan hal penting. Salah satunya dengan pemanfaatan teknologi cloud computing (komputasi awan) bagi UKM. PT Supra Primatama Nusantara (Biznet Networks) merupakan perusahaan teknologi informatika yang mendukung peningkatan UKM di Tanah Air, dan baru saja meluncurkan layanan cloud computing untuk segmen UKM. President Director Biznet Networks, Adi Kusma mengatakan, teknologi cloud computing dapat menjadi solusi bisnis dan peningkatan efisiensi UKM.

“Cloud dapat menyimpan big data, baik enterprise data (data klien, produk, transaksi perdagangan) maupun sosial data seperti konten, teks, audio, video, dan gambar, bercampur menjadi satu. Sehingga membuat perusahan dan UKM dapat menyimpan data mereka tanpa harus membeli server atau infrastruktur TI yang mahal,” papar Adi di Jakarta.

Teknologi komputasi awan penggabungan pemanfaatan teknologi komputer (computing) dan pengembangan aplikasi berbasis internet (awan/cloud). Menjadikan bisnis lebih efisien karena pelaku usaha hanya perlu membayar sesuai dengan apa yang digunakan. Pelaku usaha tidak perlu mengeluarkan biaya pembelian yang besar dan tanpa biaya pemeliharaan karena fungsi tersebut telah dilakukan oleh pengelola layanan cloud.

Komputasi awan juga memberi kemudahan bagi penggunanya untuk dapat mengakses data melalui berbagai jenis perangkat (komputer, notebook, tablet, smartphone) yang terkoneksi dengan jaringan internet. Kemudahan yang ditawarkan teknologi cloud computing ini akan memungkinkan bagi pelaku usaha untuk lebih memfokuskan diri pada bisnis intinya, bukan pada pengelolaan infrastruktur TI.

Baca Juga :  Planet 'Kembaran' Bumi Tak Layak Dihuni

Sebagai penyedia layanan cloud computing, Biznet Cloud Computing menyajikan platform komputasi generasi baru yang memungkinkan perusahaan untuk tetap fokus pada bisnis inti mereka, tanpa harus khawatir pada biaya setup, operasional dan pemeliharaan skalabilitas platform komputasi.Saat ini, Biznet menawarkan dua jenis layanan Cloud Computing yang diperuntukan pada skala perusahaan yang berbeda, yaitu: Biznet Cloud Server Enterprise dan Biznet Cloud Server SMB.

Biznet Cloud Server Enterprise adalah layanan Cloud Computing dari Biznet yang menggunakan teknologi virtualisasi VMware yang mensupport Operating System Windows dan Linux (CentOS, Ubuntu & Fedora). Teknologi virtualisasi ini memberikan fitur Virtualisasi Data Center sesuai dengan paket layanan yang diambil dan dapat mensupport hampir seluruh aplikasi. Jenis layanan ini sangat cocok untuk perusahaan skala Enterprise yang membutuhkan performance komputasi yang tinggi.

Biznet Cloud Server SMB merupakan layanan Cloud Computing dari Biznet yang menggunakan Operating System Linux (CentOS, Ubuntu & Fedora) dengan harga yang sangat terjangkau, sangat cocok digunakan oleh bisnis berskala pemula (start-up) dan Small Medium Business alias UKM. Dengan teknologi virtualisasi berbasis OpenStack yang merupakan open source, biaya licensing software virtualisasi & operating system dapat ditekan. Dukungan nyata Biznet terhadap UKM terlihat dalam event Startup Asia Jakarta 2013 yang akan berlangsung 21-22 November mendatang. Pada event Startup Asia Jakarta 2013, Biznet menjadi salah satu sponsor.

Tentang Biznet Networks

Biznet Networks merupakan salah satu Operator Telekomunikasi Fixed Line dan Multimedia terdepan di Indonesia, menyediakan layanan Internet, Data Center dan TV Kabel. Biznet Networks telah memiliki dan mengoperasikan jaringan Fiber Optic yang terbaru dan Data Center terbesar di Indonesia sejak tahun 2000. Informasi lebih lanjut seputar Biznet dan layanannya dapat dilihat melalui situs www.biznetnetworks.com.

Untuk Informasi lebih lanjut hubungi:
Renya Nuringtyas – Corporate Communications Manager
Biznet Networks
Tel: +62-21-57998888
Email: renya_nuringtyas@biznetnetworks.com
corporate_communication@biznetnetworks.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Penantang Facebook Galang Kekuatan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*