ComicRack v0.9.133

Mungkin tidak sedikit di antara kita yang masih gemar mengoleksi komik, baik terbitan lama maupun baru. Beberapa komik legendaris yang kerap dicari antara lain hasil publikasi Marvel dan DC Comics. Selain itu, komik Tintin, Lucky Luke, dan Smurf pun sering diburu para kolektor. Karena komik fisiknya sudah sulit dicari, komik elektroniklah yang jadi incaran.dengan komik asal Jepang, yang dikenal dengan istilah manga. Judul-judul populer komik tersebut misalnya Naruto, One Piece, dan Bleach. Begitu seri terbarunya terbit di negeri itu, tak lama kemudian, segera muncul pula versi “bajakan”-nya dalam wujud softcopy. Aneka manga tersebut merupakan hasil pindaian dan teksnya telah diterjemahkan ke bahasa Inggris. Manga elektronik dikenal dengan istilah “scanlation”.

Nah, rupanya ada aplikasi khusus bagi penggemar komik/manga elektronik untuk membaca dan menata koleksi mereka. Melalui perangkat lunak bernama Comic Rack, kita bakal menemukan pengalaman berbeda dalam membaca komik.

Kelebihan pertama terletak pada ragam format yang bisa dibaca. Comic Rack mampu mengenali komik berekstensi CBZ, CBR, CBT, CBW, DJVU, PDF, serta berkas ZIP, RAR, TAR, CB7, dan 7Z. Hal ini sangat berguna karena banyak unduhan komik/manga yang memiliki format terkompresi seperti itu. Jadi, kita tak perlu mengekstraksi terlebih dahulu jika ingin membacanya.

Kelebihan kedua adalah bervariasinya jenis tampilan ketika kita membaca komik. Bisa memilih layar penuh, satu halaman, dua halaman, dan ukuran pembesaran (zoom). Comic Rack juga memiliki opsi rotasi gambar 90 – 270o yang bermanfaat saat membaca komik di tablet PC.

Baca Juga :  Depok Blokir 90 Persen Situs Porno di Sekolah

Kelebihan ketiga yaitu tersedianya fungsi manajemen penataan komik. Kita bisa menyusun perpustakaan sendiri, membagi kategori komik, memberi penilaian (rating), dan menambahkan informasi detail tentang setiap komik. Tak heran, pengembang Comic Rank menjuluki aplikasinya ini sebagai “iTunes untuk komik”. (Erry EP)

***

Melalui Comic Rack, penggemar komik akan merasakan pengalaman berbeda dalam menikmati koleksi komiknya. Feature yang dimiliki aplikasi ini memang ditujukan bagi keasyikan membaca dan mengelola komik-komik kesayangan. Sensasi lebih bisa dirasakan jika PC kita sudah menggunakan layar sentuh.


Spesifikasi ComicRack v0.9.133

JenisFreeware
Besar File Instalasi6,59 MB
Situshttp://comicrack.cyolito.com
Sistem OperasiWindows XP/Vista/7

Plus : Multitab, variasi tampilan, bisa mengenali isi berkas terkompresi, ada jendela thumbnail halaman komik, koleksi komik bisa dibagi dalam jaringan, mendukung layar sentuh multitouch

Minus :  Tidak semua berkas PDF bisa dibaca (untuk mengatasinya, harus mengunduh skrip khusus dari situsnya), layar sensitif terhadap klik pada tetikus. (infokomputer.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*