Cuaca Buruk, Warga Sidimpuan dan Tapsel Diminta Waspadai Bencana Alam

Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan dan Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) mengingatkan warganya untuk mewaspadai bencana alam yang kemungkinan terjadi menyusul kondisi cuaca yang masih buruk.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Padangsidimpuan mengingatkan kepada seluruh warga agar selalu waspada terhadap kemungkinan bencana yang bakal terjadi,” ungkap Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemko Padangsidimpuan, Ahmad Bestari Lubis.

Ahmad menjelaskan, seluruh warga,khususnya yang tinggal di kawasan pinggiran sungai harus lebih mewaspadai cuaca yang buruk.Pasalnya,curah hujan yang tinggi belakangan ini dikhawatirkan membuat air sungai di Kota Padangsidimpuan meluap.

Biasanya, air sungai yang meluap akan mengakibatkanairmenggenangirumahwarga bahkan banjir. Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemko Padangsidimpuan Doriah Hafni menambahkan, dalam kondisi kondisi cuaca ekstrim belakangan ini, masyarakat rentan terkena penyakit seperti demam, diare, dan muntah mencret (munmen), terutama pada anak-anak. Dia mengingatkan kepada para orang tua agar memperhatikan kondisi makanan dan kebersihan lingkungannya.

Selain itu, dia juga mengingatkan warga, khususnya di pinggir sungai agar tidak menggunakan air sungai untuk kebutuhan air minum. Kalau pun harus dikonsumsi, warga harus memastikan air tersebut layak dikonsumsi atau sudah dimasak sebelumnya. Sementara itu,Bupati Tapsel, Syahrul M Pasaribu, juga mengingatkan kepada warganya agar tetapmewaspadaiancamanbencana alam yang kemungkinan terjadi akibat cuaca yang masih buruk akhir-akhir ini.

Pasalnya,berdasarkan pengalaman- pengalaman sebelumnya, kawasan Tapsel sangat rawan bencana alam, termasuk banjir dan longsor.Dia juga mengingatkan kepada para satuan kerja perangkat daerah (SKPD)
terkaitselalumemantauseluruh wilayah Tapsel sehingga bencana alam dan korban bisa diantisipasi. “Saya minta para camat untuk tetap memantau kondisi lingkungannya. Jika memang ada bencana, segera laporkan kepada kami,”tuturnya.

Baca Juga :  Sekda Palas Akhirnya Diganti

Anggota DPRD Tapsel, Borkat, mendesak pemerintah agar membuat peta rawan bencana sehingga daerah-daerah yang rawan bencana bisa dipantau. Menurut dia, ketiadaan peta rawan bencana di Tapsel membuat pemerintah setempat selalu kesulitan mengantisipasi bencana dan korban. “Kalau peta rawan bencana itu sudah ada, tentu pemerintah daerah bisa dengan mudah memantau daerah-daerah mana saja yang rawan bencana dan mengantisipasi, terutama dalam kondisi cuaca buruk seperti sekarang ini,”tandasnya. (waspada.co.id)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*