Dampak Media Sosial Bagi Pola Makan Wanita

Sudah bukan rahasia lagi jika pengguna media sosial khususnya kaum wanita ingin selalu terlihat sempurna jika mengunggah foto mereka ke akun medsos-nya. Untuk tampil perfect, tidak jarang para wanita mengedit, memotong maupun memfokuskan foto pada satu bagian tubuh tertentu yang mereka sukai.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of California terhadap 300 orang wanita, ditemukan bahwa kaum hawa yang sering melakukan editing foto cenderung bermasalah pada pola makan mereka sehari-hari.

Menurut penelitian ini, adanya keinginan untuk tampil sempurna di dunia maya menyebabkan banyak wanita yang melakukan diet ekstrim, olahraga berlebihan hingga hal-hal lain yang diluar dugaan.

“Banyak wanita yang mengaku tidak puas dengan bentuk tubuhnya. Mereka akan melakukan berbagai cara agar terlihat cantik dan seksi. Untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, saat ini di beberapa media sosial muncul sebuah gerakan bernama thinspiration,” kata salah seorang peneliti, Jannath Ghaznavi, dikutip dari Ndtv.

“Gerakan ini isinya membahas berbagai upaya ekstrim untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal seperti yang diinginkan.”

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan ke dalam Journal Body Image, An International Journal of Research.


Analisadaily

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Facebook Ingin Masukkan Iklan di Status Pengguna

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*