Dampak Merapi – Kredit Korban Merapi Diputihkan

Warga gotong royong membersihkan jalan yang tertutup abu vulkanik di Jalan Kaliurang, Besi, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (30/10/2010).

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah berjanji akan melakukan pemutihan kredit terhadap masyarakat penerima Kredit Usaha Rakyat atau KUR yang tertimpa musibah letusan Gunung Merapi. Demikian diungkapkan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil  Menengah (Menkop dan UKM), Syarifuddin Hasan saat ditemui di Hotel Crowne Plaza, Jakarta, Sabtu (27/11/2010).

Saat melakukan tinjauan ke Merapi, Syarifuddin Hasan menilai banyak koperasi sapi perah, dan masyarakat kehilangan sapi serta bangunan koperasinya.

“Ada Koperasi Sarono yang berada di radius 4 kilometer di mana 1.200 sapi di sana mati dan gedung koperasinya hancur. Hal seperti itu, maka kreditnya akan diputihkan,” kata Syarifuddin.

Selain itu, ia pun mengatakan akan kembali merehab 15 pasar rakyat di Merapi yang hancur akibat letusan Gunung Merapi. “Kita harus kembali hidupkan perekonomian rakyat, dengan kembali membangun tempat-tempat perekonomian di sana,” katanya.

Dari tiga bencana yang melanda Indonesia saat ini, Wasior, Merapi, dan Mentawai, Kementerian Koperasi dan UKM mencatat sekitar Rp 59 triliun dana bantuan yang bergulir untuk masyarakat ke tiga wilayah tersebut melalui bantuan UKM.

“Kita akan anggarkan dalam APBN P 2011 untuk pemulihan perekonomian dan rekonstruksi. Kita sangat berempati terhadap para korban bencana tersebut,” katanya. (kompas.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  DPR: Kami Jangan Selalu Dianggap Negatif

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*