Dana Desa di Padangsidimpuan Belum Cair

P Sidimpuan. Sebanyak 42 desa yang ada di Kota Padangsidimpuan belum menerima dana desa tahap I untuk tahun 2016. Sementara desa-desa di daerah lain telah mencairkan atau menerimanya guna memulai program peningkatan pembangunan desanya demi kepentingan rakyatnya.

Hal itu terungkap pada saat sesi tanya jawab antara tim penilai kecamatan terbaik Provinsi Sumatera Utara dengan Kabid Pemdes (Kepala Bidang Pemerintahan Desa) Kantor Pemberdayaan Masyarakat Kota Padangsidimpuan Afdal, pada acara penilaian kecamatan terbaik Sumatera Utara di halaman Kantor Camat Padangsidimpuan Hutaimbaru, Jalan Ompu Sarudak, Padangsidimpuan, Senin (22/8).

Disebutkan Afdal keterlambatan sejumlah desa tersebut untuk menerima pencairan dana desa tahap I bukan karena kesalahan aparat desa atau instansi Pemerintahan Kota (Pemko) Padangsidimpuan yang membawahi desa. Tapi menurutnya karena para pendamping desa dan pendamping lokal desa kurang cakap dalam hal pendampingan terhadap desa sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Dikatakannya, Pemko Padangsidimpuan tidak dapat berbuat banyak karena tidak bisa mencampuri kinerja para pendamping desa. Sebab, katanya, tidak boleh ada campur tangan dalam perekrutan dan penentuan wilayah kerja para pendamping desa dan pendamping lokal desa tersebut.

Dikatakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM-Desa) untuk seluruh desa sudah selesai dalam bentuk dokumen demikian juga APBDes. Dan saat ini sudah memasuki tahap proses evaluasi untuk selanjutnya dilakukan pencairan setelah tahapan yang dipersyaratkan selesai.

Baca Juga :  Zulkarnain Diberi Gelar Raja Parlaungan

Untuk itu dia berharap pemerintah pusat maupun propinsi agar memberikan pelatihan tambahan agar para pendamping desa tersebut dapat lebih maksimal kinerjanya dan bermanfaat buat desa khususnya di Kota Padangsidimpuan. Meski sebelumnya dikatakan oleh salah seorang anggota tim bahwa daerah dapat mengusulkan agar pendamping desa tersebut diberhentikan jika dinilai tidak mampu melaksanakan tugas dan fungsinya. (ikhwan nasution)

Sumber: medanbisnisdaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 4 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*