Dana PNPM Kab. Mandailing Natal Rp. 48,5 M

www.metrosiantar.com

PNPM Dana PNPM Kab. Mandailing Natal Rp. 48,5 MMADINA-METRO; Tahun 2010, dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) sebesar Rp48,5 miliar. Hal itu terungkap pada rapat kerja sekaligus sosialisasi PNPM-MP di aula Hotel Madina Sejahtera Kecamatan Panyabungan, Senin (29/3) diikuti seluruh unsur Muspika kecamatan se-Madina.

Rapat kerja juga sebagai evaluasi kinerja seluruh tim yang terrgabung dalam program PNPM-MP tahun 2009. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Madina, Drs Awaluddin Nasution mengatakan, dana PNPM-MP Kabupaten Madina untuk tahun 2010 naik lebih dari 30 persen dari tahun 2009 lalu sebesar Rp36 miliar dan tahun 2010 naik menjadi Rp48,5 miliar.

Awaludin menjelaskan, alokasi bertambah bisa karena bagusnya pekerjaan dari tim pengelola baik dari kabupaten, kecamatan maupun tim pengelola di tingkat desa. Karena meskipun seluruh pekerjaan yang diprogramkan panitia atau tim pengelola belum sepenuhnya rampung, tetapi pekerjaan dilakukan semaksimal mungkin.

“Ini berkat kerja sama tim pengelola program PNPM-MP, baik yang ada di desa maupun kecamatan dengan unsur Muspika masing-masing, meskipun pekerjaan belum sepenuhnya diselesaikan,” sebutnya.

Dia menyampaikan, dana sebesar Rp48,5 miliar belum didistribusikan pemerintah pusat, karena tim kecamatan dan desa atau pengelola dari PNPM-MP belum mengajukan permohonan.

“Dana langsung dikucurkan ke kas kecamatan masing-masing berdasarkan permohonan sesuai dengan yang diajukan. PMD dalam hal ini hanya sebagai fasilitator dalam bidang teknik di lapangan, sedangkan dana PNPM-MP langsung didistribusikan oleh pemerintah pusat ke kas atau rekening yang telah dibuka tim kecamatan,” ujarnya. Awaludin berharap agar FT maupun FK supaya benar-benar melakukan pengawasan terhadap kinerja pengelola program PNPM-MP, karena program ini dilaksanakan pemerintah untuk melakukan pembangunan daerah pedesaan secara langsung oleh masyarakat sendiri. (mag-02)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Dituding Bantu Lorenzo, Ini Bantahan Honda

1 Komentar

  1. Moga Sukses dlm Pelaksanaan Kegiatan PNPM – MP ini bagi Masyarakat Kab. Madina.
    Namun disayangkan blum ada hasil maks dala mengerakkan real economict

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*