Dana PNPM Tapsel Rp. 28 M

TAPSEL- Untuk tahun 2012, Pemkab Tapsel menerima dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) yang bersumber dari APBN untuk PNPM-Masyarakat Pedesaan (MPed) sebesar Rp25,6 miliar ditambah dana sharing dari APBD Tapsel sebesar Rp2,8 miliar. Totalnya Rp28.450.000.000.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Kaban Bapemmas) Tapsel, Drs H Rustam Efendi Hasibuan mengatakan, jika secara jumlah total dibandingkan dengan tahun 2011 memang turun. Tahun 2011 lalu totalnya mencapai Rp30 miliar lebih.
Hal itu, kata Rustam, dikarenakan dana pendamping dari APBD Tapsel besar atau sekitar 20 persen. Namun dana APBN yang diterima Tapsel jauh lebih besar tahun 2012 dibanding tahun 2011 ini.

“Sebenarnya jumlah dana APBN nya naik, tetapi APBD yang berkurang, sehingga kelihatannya secara total menurun. Padahal sebenarnya APBN naik APBD yang turun,” jelas Rustam.

Ketika ditanya apakah anggaran untuk tahun 2012 ini sudah diketahui berapa desa yang mendapatkan alokasi dana ini dari 14 kecamatan di Tapsel, Rustam mengaku, belum diketahui. Sebab, anggaran ini masih akan dimasukkan terlebih dahulu dalam APBD Tapsel tahun 2012.

Kemudian untuk mendapatkan dana ini setiap desa harus mengusulkan proposalnya dan nantinya pihak kecamatan akan merangkingnya mana yang harus didahulukan atau skala prioritas mendesak untuk desa tersebut.

Dikatakannya, dalam rentang waktu 3 tahun terakhir ini jumlah dana APBN yang diterima Tapsel selalu bertambah jumlahnya, namun tahun 2012 dana pendamping dari APBD jumlahnya menurun.

Baca Juga :  Diduga Hasil Illegal Logging - 3 Truk Muatan Kayu Diamankan Polres Tapsel

Dirincikannya tahun 2010 lalu Tapsel mendapatkan dana BLM PNMP-MPed sebesar Rp22,4 miliar dengan dana pendamping sebesar Rp5,6 milliar, atau totalnya Rp28 miliar lebih dan jumlah desa penerima sebanyak 117 dari 14 kecamatan.
Tahun 2011 Tapsel mendapatkan dana BLM PNPM-MPed sebesar Rp24 miliar dengan dana pendamping dari APBD sebesar Rp6 miliar atau totalnya sekitar Rp30 miliar lebih dan jumlah desa penerima juga bertambah yakni menjadi 127 dari 14 kecamatan.

Sementara untuk tahun 2012 ini, Tapsel mendapatkan dana BLM PNMP-MPed sebesar Rp25,6 miliar dengan dana pendamping sebesar Rp2,8 miliar atau totalnya Rp28,4 miliar lebih yang mana dana ini akan mulai disalurkan pada Maret tahun 2012 mendatang di 14 kecamatan.  (phn)

metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

  1. Mari kita lihat realisasinya dilapangan, apakah sinkron antara Rp30 miliar dengan fakta phisik dilapangan. Dan semoga tidak ada penyunatan berkali-kali, sehingga masyarakat dapat menikmati hasil pembangunan yang bermanfaat sebagai wujud perhatian pemerintah kepada Tapsel yang juga bagi dari negara NKRI yang sudah merdeka sejak tahun 1945

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*