Dana PNPM Tapsel Rp18,5 Miliar

Sabtu, 20 Pebruari 2010 – www.metrosiantar.com

TAPSEL-METRO; Kabupaten Tapanuli Selatan menerima bantuan dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) sekitar Rp18,5 miliar. Keseluruhan dana tersebut akan dibagikan kepada Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) di 12 kecamatan.

Demikian disampaikan Bupati Tapsel, Ongku P Hasibuan, yang diwakili oleh Asisten III Bidang Pemerintahan, Fahri Siregar, saat penyerahan dana PNPM-MP sebesar Rp3 miliar untuk Kecamatan Sayur Matinggi, di Desa Bulu Gading, Kamis (18/2) lalu.

Fahri mengatakan, program ini harus benar-benar dijalankan oleh masyarakat. Sebab, program tersebut sangat bermanfaat untuk membangun sarana dan prasarana di desa. Misalnya, pembangunan jalan, drainase, MCK, dan lainnya.

“Demi peningkatan pembangunan di pedesaan program dan bantuan ini harus kita laksanakan dengan sebaik-baiknya. Sebab, kita masyarakat sendiri yang merasakan hasilnya nanti,” pesannya usai menyerahkan secara simbolis bantuan PNPM-MP, kepada UPK Sayurmatinggi, Hamzahuddin Lubis.

Fasilitator Teknik (FT), Ikhsan Harahap ST, dalam kesempatan tersebut memaparkan, pada tahun 2008, khusus Desa Bulu Gading mendapatkan bantuan PNPM-MP sebesar Rp271 juta untuk pembangunan jalan ke kebun warga dengan panjang sekitar 670 meter dan lebar 2 meter.

Kemudian pada tahun 2009 lalu, mendapatkan bantuan serupa sebesar Rp345 juta untuk melanjutkan pembangunan jalan ke kebun warga dengan panjang sekitar 1.400 meter dan lebar 2 meter, saat ini pengerjaannya sudah berjalan sekitar 75 persen.

Baca Juga :  Wali Kota Padangsidimpuan: Dikritik, Pimpinan SKPD Jangan Lari

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kaban PMD) Tapsel, Drs H Rustam Efendi Hasibuan MM, mengatakan untuk tahun 2009 ini Tapsel mendapatkan dana PNPM dari APBN sebesar Rp14,28 milliar dan dari APBD Tapsel sebesar Rp4,38 miliar atau totalnya sebesar Rp18,5 milliar yang diperuntukkan untuk pembangunan di pedesaan di 12 kecamatan yang ada di Tapsel.

Dikatakannya adapun rincian dana yang diterima oleh setiap UPK 12 kecamatan se-Tapsel, yakni, UPK Kecamatan Aek Bilah Rp2 miliar, Angkola Barat Rp2 miliar, Angkola Selatan Rp2 miliar, Angkola Timur Rp2 miliar, Arse Rp900 juta, Batang Angkola Rp900 juta, Batang Toru Rp2 miliar, Marancar Rp900 juta, Muara Batang Toru Rp900 juta, Saipar Dolok Hole (SDH) Rp2 miliar, Sayurmatinggi Rp3 miliar dan Sipirok Rp900 juta dengan total dana sekitar Rp18,5 milliar.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Bappeda Tapsel, Ir Riswan Daulay, Sekcam Sayurmtinggi, Kasubbag Humasy, Isnut Siregar, dan ratusan masyarakat Desa Bulu Gading. (phn)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*