Danau Toba – ‘Bank’ Inspirasi dan Sumber Kehidupan Orang Batak

Danau Toba merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar dan bahkan menjadi sumber inspirasi bagi para komponis dalam menggubah lagu tentang keindahannya.

“Banyak orang menggantungkan hidup dari potensi Danau Toba, sehingga danau ini dapat dikatakan telah menjadi ‘bank’ orang Batak,” ujar Kabag Humas Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Naibaho, Minggu (25/7)..

NELAYAN DANAU TOBA by; http://tobaphotographerclub.com

Menurut dia, Danau Toba merupakan kebanggaan masyarakat sekaligus tempat mencari nafkah, sehingga kelestariannya perlu dijaga dengan menghindari pencemaran dan kerusakan yang bisa merugikan.

Pemkab Samosir melalui Dinas Lingkungan Hidup telah melakukan berbagai upaya konkret untuk menjaga keutuhan ekosistem danau terbesar di Asia itu. Kegiatan yang mengarah pembangunan partisipatif dan bertujuan menarik minat wisatawan dan pelestarian lingkungan digelar komunitas tobalover dan serikat tani samosir dengan menyelenggarakan sepeda jelajah nusantara Tour de North Sumatera Heritage.

Pada kesempatan itu, aktivis pecinta lingkungan juga akan menanam 2.000 pohon di kecamatan Tuktuk. Penanaman akan dilakukan secara simbolik, kerja sama dengan Dinas Kehutanan dan bertujuan mengajak masyarakat melestarikan alam dan lingkungan.

“Pemkab Samosir sangat mendukung kegiatan positif seperti ini,” katanya. Dilanjutkannya, kontribusi pemkab diberikan berupa penyediaan akomodasi dan berbagai fasilitas yang dibutuhkan peserta, termasuk pengawalan oleh Polres Samosir untuk kelancaran arus lalu lintas.

Muara dari seluruh kegiatan ini adalah mengangkat dan menjadikan Samosir sebagai tujuan wisata yang menarik serta menggali dan mendukung potensi pariwisata.  Apalagi sebagian kegiatan Pesta Danau Toba diselenggarakan di Samosir.

Baca Juga :  Berita Miring Tak Pengaruhi Kinerja Walikota Medan

Sumber: http://batakpos-online.com/content/view/15771/42/

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*