Dari Pesta Danau Toba 2010 : Medan-Parapat Harusnya Bisa Lewat Tol

Semua puja dan puji terlontar dari mulut petinggi-petinggi pemerintahan yang hadir pada acara pembukaan Pesta danau Toba 2010. Namun, Konsul Kehormatan Polandia di Sumatera Utara, Dr Jonner Napitupulu, yang datang pada Pembukaan PDT 2010, Rabu (20/10) berkata lain.

Panitia, menurutnya, berhasil mempersiapkan pesta rakyat yang mampu menarik minat wisatawan untuk datang menikmati sajian seni dan budaya batak. Ia menilai  wisatawan asing enggan datang ke Danau Toba, karena sarana dan prasarana transportasi belum dibenahi.

Beberapa rekan Jonner di Inggris, Polandia, dan negara-negara Eropa lainnya pernah bercerita kepadanya bahwa sangat melelahkan jika harus memakan waktu tiga sampai empat jam untuk menuju ke suatu tempat wisata.

Untuk memancing minat wisatawan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, menurut Jonner, harus dibangun jalan tol dari Medan menuju Parapat. “Itu paling realistis, jika membangun bandara di sini tidak mungkin, solusi paling tepat adalah membangun jalan tol,”

Jika ada jalan tol, waktu yang dibutuhkan dari Medan ke Parapat diperkiirakan satu sampai dua jam.

“Wisatawan asing itu biasanya mengunjungi suatu tempat untuk santai, untuk menghabiskan hari libur, atau mungkin untuk menikmati masa pensiun, sehingga harus disediakan fasilitas senyaman mungkin,” ucap Jonner.

Hal tersebut hanya satu di antara sekian banyak kekurangan yang dimiliki oleh Danau Toba. “Masih banyak kekurangan lainnya yang harus dibenahi pada PDT tahun-tahun berikutnya,” ujarnya.(*)

Baca Juga :  Dukung Percepatan Pemekaran Simalungun - Warga Perdagangan Aksi Sejuta Tanda Tangan

Sumber: http://www.tribun-medan.com/read/artikel/7644/PDT-2010–Medan-Parapat-Harusnya-Bisa-Lewat-Tol

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*