Dari Rp16 Ribu Per Kg – Harga Cabai Melejit Tembus Rp28 Ribu Per Kg di Pasar Sibuhuan

Tiga hari terakhir ini, harga cabai merah di Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas), melejit dari Rp16 ribu per kilogram (kg) menjadi Rp28 ribu per kg. Melambungnya harga cabai ini membuat kaum ibu-ibu mengeluh.

S Hasibuan (40-an), salah seorang pedagang cabai di Pasar Sibuhuan mengutarakan, kenaikan harga cabai tersebut disebabkan tanaman cabai di Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) dan Panti Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, sebagai pemasok cabai di Palas, mengalami hasil panen yang buruk karena diduga diserang hama. Sehingga cabai sangat sulit didapat, karena pasokannya dari petani terbatas.

“Sudah 3 hari ini harga cabai naik. Diperkirakan ke depannya harga cabai akan terus naik bahkan hingga bulan puasa nanti,” ujar Hasibuan kepada METRO, Rabu (2/6).

Sementara itu, seorang pembeli Suni (50), mengaku sangat mengeluhkan naiknya harga cabai tersebut. Diutarakannya, melambungnya harga cabai seperti sata ini, jarang terjadi.

“Aduh kalau sudah begini harganya bisa-bisa makan nggak pakai cabai lauk saya ini,” keluh warga Banjar Keliling, Sibuhuan ini.

Meski demikian, naiknya harga cabai tersebut belum berimbas pada harga jual nasi di sejumlah kedai nasi di Sibuhuan. Seperti di warung Mak Soleh, yang menunya serba Rp7.000, masih tetap dengan harga seperti biasa. (amr)

Sumber: http://metrosiantar.com/MENUJU_PALAS-PALUTA/Harga_Cabai_Melejit_Tembus_Rp28_Ribu_Per_Kg

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Kabupaten Madina Tuan Rumah Popdasu

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*