Data Center Terbakar, Sejumlah Situs Berita Lumpuh

akarta (ANTARA News) – Sejumlah situs berita mengalami kelumpuhan sekitar pukul 23.00 WIB, Minggu, akibat kebakaran yang terjadi di Indonesia Data Centre (IDC) Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Berdasarkan pantauan, beberapa situs berita “online” seperti detik.com, okezone.com, sindonews.com, kapanlagi.com, vemale.com, blogdetik.com, idblognetwork.com, dan mytrans.com tidak dapat diakses hingga pukul 24.00 WIB akibat terbakarnya perangkat “uninterruptible power supply” (UPS).

Menurut informasi, kebakaran IDC Duren Tiga terjadi akibat ledakan UPS di lantai 2 yang membuat jaringan IIX lewat OPENIXP, server dan hosting serta ISP yang berlokasi di tempat tersebut menjadi “offline” dan tidak bisa diakses di seluruh Indonesia.

Atas pertimbangan keamanan, beberapa “server” yang berada di pusat data tersebut dimatikan untuk sementara waktu.

Namun demikian, beberapa laman berita tidak terkena imbas kebakaran dan masih bisa diakses antara lain antaranews.com, kompas.com, viva.co.id, dan metrotvnews.com, karena memang tidak memiliki “hosting” di IDC Duren Tiga.

Sementara itu, Pustekkom Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengumumkan laman kemdikbud.go.id terkena imbas kebakaran tersebut.

Pustekkom Kemdikbud dalam akun twitter-nya menjelaskan bahwa pada pukul 10.30 WIB, kebakaran di IDC sudah padam, sementara perkabelan dan ruang data center Kemdikbud dalam kondisi aman.

“Listrik belum dapat dinyalakan karena masih dicek kondisi perkabelannya di ruang listrik (lantai 1) yang terdampak kebakaran oleh tim IDC. Namun, diperkirakan pukul 24.00 WIB akan normal,” sebut Pustekkom Kemdikbud dalam akun twitter-nya.

Baca Juga :  Pemerintah Turki Blokir Layanan YouTube

Namun, hingga berita ini diturunkan beberapa laman yang dilaporkan “down” tersebut masih belum dapat diakses.

Sumber: antaranews.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*