Deklarasi PP 59 di Medan Rusuh, 3 Unit Mobil Hancur

Suasana deklarasi Pemuda Pancasila 1959 ( PP 59) di Gang Sairin, Jalan Medan Area Selatan, Kecamatan Medan Area, Medan, Selasa (05/07/2011) yang semula diwarnai dengan kegembiraan serta suka cita, tiba-tiba berubah rusuh.

Pasalnya, usai deklarasi tiba-tiba saja datang massa yang mengaku berasal dari Pemuda Pancasila (PP) Sumatera Utara melakukan penyerangan.

Akibatnya bentrokan pun tidak terelakkan. Meski tidak menelan  korban jiwa namun 3 unit mobil rusak parah terkena lemparan batu. Kerusuhan inipun berhasil diamankan setelah petugas Polsekta Medan Area, Polresta Medan dan Brimobda Sumut yang turun ke lokasi.

Berdasarkan data yang diperoleh di lokasi kejadian, peristiwa berawal saat pendeklarasian PP 59 di kawasan Jalan Medan Area Selatan. Usai deklarasi, tiba-tiba datang sekelompok pemuda dari OKP Pemuda Pancasila dan langsung menyerang anggota Pemuda Pancasila 59 yang baru saja deklarasi.

Bentrokan pun tak dapat dihindarkan, saat massa PP 59 membalas serangan anggota PP yang datang menyerang dengan lemparan batu. Pihak kepolisian dari Polsekta Medan Area yang berjaga di sekitar lokasi bentrok sempat kewalahan untuk menghentikan bentrok karena banyaknya massa yang terlibat bentrok.

Bentrok akhirnya bisa dihentikan sekitar satu jam kemudin, saat pihak kepolisian dari Sabhara Polresta Medan dan satu unit mobil water canon, serta puluhan  personil Brimob turun ke lokasi. Akibat terjadinya bentrokan, sempat membuat warga sekitar lokasi menjadi panik.

Baca Juga :  Komisi III DPR Pertanyakan Kasus Korupsi Rahudman

Ketua Panitia Pelaksana Deklarasi PP 59 Radha Krisna ketika dikonfirmasi  mengatakan pihaknya tidak mengetahui akan ada penyerangan dan pihaknya sempat menahan para anggotanya untuk tidak melakukan serangan balasan.

Lantaran selalu diserang dengan lemparan batu dan benda-bendar keras lainnya, akhirnya memicu kemarahan anggota PP 59 sehingga serangan balasan itupun  tidak dapat ditahan hingga bentrokan pecah. (BS-021)

Medan, (beritasumut.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*