Dengar Kabar Anggota TNI AD Ditembak Brimob, KSAD Langsung Pulang ke Tanah Air

Kompas.com/SABRINA ASRIL Mantan KSAD Jenderal Budiman, Panglima TNI Jenderak Moeldoko, dan KSAD Letjen Gatot Nurmantyo.

JAKARTA, Mendengar bentrok Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Brimob, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Gatot Nurmantyo mempersingkat kunjungannya saat menghadiri Chief of Staff Armys Exercise 2014 di Australia.

Jenderal Gatot segera kembali ke tanah air usai mengetahui ada empat anggota TNI yang menjadi korban penembakan yang diduga dilakukan oleh anggota Brimob di Markas Komando (Mako) Brimobda Kepri, di Tembesi, Batuaji, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) pada Minggu (21/9/2014) malam.

“Kepala Staf TNI AD sendiri akan segera bertolak dari Brisbane siang ini (lebih cepat dari jadwal) menuju tanah air untuk menuntaskan insiden ini,” kata Kepala Dinas Penerangan Mabes AD, Brigjen Andika Perkasa, di Mabes AD, Jalan Abdul Rahman Saleh, Jakarta Pusat, Senin (22/9/2014).

Andika mengatakan, terkait hal tersebut KSAD Jenderal Gatot Nurmantyo juga telah memerintahkan Komandan Batalyon (Danyon) 134/TS dan Komadan Kodim (Dandim) 0316/BTM untuk menyiagakan anggotanya.

“KSAD menginstruksikan agar seluruh anggota tidak ada yang melakukan tindakan apapun atas perintah komando,” katanya.

Menurutnya, saat ini KSAD akan memberikan saran kepada Kapolri untuk segera membentuk tim investigasi gabungan TNI AD-Polri guna mengusut insiden tersebut secara objektif.

Hingga berita ini dihimpun, pihak Mabes Polri belum bisa menjelaskan secara rinci apa yang sebenarnya terjadi.

Baca Juga :  Polisi Duga Pengusaha HS Kirim Uang ke Gayus Lewat Transfer

Tetapi menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar, langkah-langkah sudah diambil Polda Kepulauan Riau Brigjen Pol Arman Depari untuk mengetahui kronologi pasti kejadian tersebut.

“Saat ini Kapolda Kepulauan Riau dan Danrem di sana sedang mengkomunikasikan membuat tim investigasi untuk memastikan kronologisnya bagaimana,” ungkap Boy.

KOMPAS.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*