Desa Ulak Tano Perwakilan ke Tingkat Provinsi

Ketua Tim Penilai dari Provsu, Bobby Siregar beserta rombongan didampingi Wabup Paluta H Riskon Hasibuan dikalungkan karangan bunga oleh masyarakat Desa Ulak Tano, Kecamatan Simangambat saat tiba untuk melakukan penilaian desa terbaik Tingkat Provsu, Selasa (9/6). – (Analisa/tohong p harahap)

Paluta, Tim penilai desa terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun 2015 turun ke Desa Ulak Tano, Kecamatan Simangambat, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) yang terpilih sebagai perwakilan dari daerah Paluta untuk mengikuti perlombaan desa terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Selasa (9/6).

Tim penilai Provsu yang dipimpin oleh Boby Siregar sebagai Ketua Tim Seleksi dari Pemprov Sumut itu didampingi tiga orang anggota diantaranya, Suhartono dari Dinas Pendidikan Pemprovsu, Sabda Lumban Toruan dari Kesbanglinmas Provsu dan Nirman Subhan dari PKK Sumut beserta rombongan disambut oleh Wakil Bupati Paluta H Riskon Hasibuan, Kaban PMD Paluta Bikrul Munawar Harahap, Camat Simangambat Ongku Bangsawan Hasyim beserta masyarakat setempat.

Wabup Paluta dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemkab Paluta cukup bangga dengan terpilihnya Desa Ulak Tano, Kecamatan Siamangambat untuk ikut bersaing dalam seleksi desa terbaik tingkat provinsi.

Dia berharap semoga Desa Ulak Tano yang menjadi perwakilan Kabupaten Paluta dapat bersaing serta meraih juara di tingkat Provinsi dan lanjut ke tingkat nasional.

Senada dikatakan Kaban PMD Paluta, Bikrul Munawar Harahap. Menurutnya, penilaian ini dalam rangka memberikan pembinaan dan evaluasi secara administrasi dan merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik dengan tujuan terciptanya suatu sistem penyelenggaraan pemerintahan desa bersih dan berwibawa.

Lanjut Bikrul, terpilihnya desa Ulak Tano ini untuk perwakilan Paluta ke tingkat Provinsi harus melalui mekanisne. Pihaknya telah melakukan seleksi secara ketat hingga akhirnya Ulak Tano menjadi juara desa terbaik tingkat Kabupaten Paluta tahun 2015.

Baca Juga :  Dua Pemain Naturalisasi Gabung Pelatnas Timnas U-23

“Ini tentu tidak sembarang, tim yang diisi dari berbagai unsur dinas terkait melakukan seleksi secara ketat hingga akhirnya Desa Ulak Tano menjadi juara ditingkat Kabupaten Paluta dan menjadi perwakilan ke tingkat provinsi,” katanya.

Ia berharap Desa Ulak Tano, Kecamatan Simangambat dapat menjadi yang terbaik tidak hanya di Paluta, tetapi juga di tingkat provinsi untuk mewakili Sumut ke tingkat nasional.

Bikrul juga mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada semua pihak yang telah turut mendukung kesuksesan acara perlombaan desa tingkat Kabupaten dan penyelenggaraan penilaian desa terbaik tingkat provinsi di Desa Ulak Tano, Kecamatan Simangambat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan bantuan dalam penyelenggaraan lomba desa tahun ini utamanya kepada Bapak Bupati Paluta, Drs H Bachrum Harahap, Pengurus PKK serta semua satuan kerja perangkat dinas terkait, dan seluruh masyarakat Desa Ulak Tano yang telah bersama-sama berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan lomba desa tahun ini,” kata Bikrul.

Sementara itu, Ketua Tim Seleksi dari Pemprov Sumut Boby Siregar menjelaskan, pihaknya akan melakukan seleksi se-objektif dan sebaik mungkin tanpa adanya intervensi ataupun pilih kasih pada seluruh peserta di wilayah Sumut.

“Pada prinsipnya ada delapan aspek yang masuk penilaian,yakni bidang pendidikan, kesehatan, pemerintahan desa, perekonomian masyarakat, kelembagaan masyarakat, ketertiban dan keamanan masyarakat (Kamtibmas) serta kader-kader PKK di desa setempat,” tegasnya.

Menurutnya, penilaian perlombaan desa dan kelurahan dilakukan dengan membandingkan data tingkat perkembangan desa dan kelurahan 2 (dua) tahun terakhir berdasarkan data profil desa dan kelurahan sesuai dengan indikator penilaian, penilaian perlombaan dilakukan dengan klarifikasi data di desa dan kelurahan calon juara.

Baca Juga :  7 Keajaiban Dunia Teknologi

Selain itu, indikator penilaian perlombaan desa dan kelurahan terdiri diantaranya Penilaian tingkat pendidikan, Penilaian kesehatan masyarakat, Ekonomi masyarakat, Keamanan dan ketertiban desa, Partisipasi masyarakat, Pemerintahan desa dan kelurahan, lembaga kemasyarakatan dan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Sementara, Kepala Desa Ulak Tano H Purba Hasibuan, mengatakan cukup bangga dengan terpilihnya desa yang dipimpinnya itu sebagai desa terbaik dan mewakili Kabupaten Paluta ke tingkat Provsu dan berharap agar bias mendapat penilaian terbaik.

Dia bersama masyarakat Desa Ulak Tano telah berbuat semaksimal mungkin memajukan pembangunan, seperti perbaikan infrastruktur jalan dan akan tetap komit untuk bangun desa di segala sektor dan hal itu sudah terlihat dari penetapan desa Ulak Tano sebagai kategori desa terbaik untuk perwakilan Kabupaten Paluta ke tingkat provinsi. (ong)


(Analisa)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

  1. ni yang kita inginkan sebagai masyarakat ulaktano,,kedepannya semoga desa ulak tano akan tetap lebih bagus,,

    Ulaktano hopefully the future will be better kept, and maintained harmony and your beauty.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*