Di Madina Cabai Merah Rp. 50 Ribu / Kilogram

Harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Mandailing Natal, Sabtu (3/7) dilaporkan mengalami kenaikan cukup tajam.

Harga jual bervariasi di setiap daerah, mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 50.000 per kilogram. Diduga kenaikan tersebut terkait cuaca buruk yang melanda Sumut dalam beberapa hari terakhir.

Penelusuran Waspada, Minggu (4/7), kenaikan tertinggi terjadi di pasar tradisional Kotanopan yang kini merupakan pasar terbesar di Madina setelah Panyabungan.

Sebelumnya dijual antara Rp 25.000-Rp 33.000 per kilogram melonjak hingga dua kali lipat menjadi Rp 50.000.

Menurut pedagang, meroketnya harga terjadi karena tersendatnya pasokan dari berbagai sentro produksi cabai merah menurun.

“Hampir seluruh kebutuhan pokok yang ada di pusat pasar tradisonal Kotanopan dipasok dari luar daerah,” kata Husni Thamarin Lubis, salah seorang pedagang kebutuhan pokok di pekan itu.

Kata dia, sejak dua bulan lalu harga cabai berkisar Rp 20 ribu per kg hingga dua pekan lalu. Kenaikan cabai merah sudah empat kali. Dua pekan lalu, katanya, harga cabai merah masih Rp20 ribu per kg, dan harga ini sudah lebih dari dua bulan bertahan.

Kemudian dari Rp20 ribu naik menjadi Rp25 ribu per kg, tapi tidak sampai satu minggu harga terus meroket hingga mencapai Rp 50 ribu per kilogram.

Sumber: http://www.waspadamedan.com/index.php?option=com_content&view=article&id=3172:harga-cabai-merah-di-madina-rp-50-ribu-per-kg&catid=52:sumut&Itemid=207

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Dramatis, Madrid Akhirnya Juarai Liga Champions 2013/14.Sempat tertinggal 0-1 hingga menit 90+3, Madrid akhirnya menang 4-1

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*