Di Padangsidimpuan Harga Stabil, Permintaan Beras Menurun

Diperkirakan bulan Juni dan Juli 2010, beberapa daerah di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Mandailing Natal (Madina) dan Kota Padangsidimpuan (Psp) memasuki musim panen raya padi.

Semakin dekatnya musin panen di daerah itu, ternyata tidak mempengaruhi harga beras. Terbukti di pusat pasar Kota Psp, harga beras masih stabil, namun permintaan pembelian beras menurun.

Informasi dihimpun METRO, Kamis (27/5) dari salah seorang pedagang beras di Pasar Sangkupal Psp, Putra menyebutkan, penurunan permintaan beras selain disebabkan berkurangnya pembeli, juga karena adanya bantuan beras miskin (raskin) yang sudah disalurkan kepada warga.

“Memang harga beras masih stabil, dan tidak ada kenaikan dan penurunan. Yang terjadi, berkurangnya jumlah permintaan beras dari biasanya,” terang Putra.

Putra menambahkan, permintaan akan beras makin menurun 2 minggu belakangan, juga dikarenakan turunnya raskin sehingga para pedagang mengurangi stok beras. “Persentase penurunan jumlah pembeli, hampir mencapai 30 persen dari sebelumnya. Harga beras yang bertahan antara lain, kuku balam, silatihan, pulut medan, pulut lokal. Kita menguranggi stok dari 50 sak menjadi 30 sak,” ungkapnya.

“Harga beras yang masih stabil, dari seluruh jenis tadi rata-rata Rp30 ribu hingga Rp48 ribu per sak,” katanya.

Hal senada diakui Rizki yang juga pedagang beras di Sangkumpal Bonang. Dia mengeluh ddengan menurunnya jumlah pembeli.

“Memang jumlah pembeli menurun dari biasanya, khususnya pelanggan yang dari luar seperti dari perkebunan. Dan harga beras juga masih stabil,” tutur Rizki mengakhiri.

Baca Juga :  Truk Pembawa Alat Berat Masuk Jurang, 7 Orang Kritis

Sumber: http://metrosiantar.com/sidimpuan_raya_/Harga_Stabil_Permintaan_Beras_Menurun_

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*