Di Palas Urus Akta Tanah Rp300 Ribu

Pengurusan akta tanah di Kabupaten Padang Lawas (Palas), khususnya di Kecamatan Barumun Tengah (Barteng) dikenakan biaya Rp300 ribu. Hal ini disampaikan Camat Barteng, Hamzah Nasution, Rabu (16/6).

Syarat pengurusan akta tanah, kata Camat, warga harus memiliki lahan seluas 4 hektare (ha) dalam 1 buku akta tanah. Jadi, kalau ada tanah yang berbeda tempat, maka buku aktanya juga berbeda.

“Tanah yang bisa diurus adalah persawahan, perkebunan, tanah kosong, dan pertapakan, dengan catatan tidak dalam sengketa,” ujar Camat, kepada METRO, Rabu (16/6).

Camat menambahkan, untuk mengantisipasi persoalan sengketa tanah yang sering menjadi polemik di tengah-tengah masyarakat, maka pihaknya melakukan program jemput bola membuat akta tanah.

Selama ini, lanjut Camat, sering terjadi permasalahan di tengah-tengah masyarakat, hingga berujung pertumpahan darah hanya disebabkan sengketa tanah yang tidak ada kekuatan hukum kepemilikannya. Maka untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya telah melakukan program jemput bola ke setiap desa dan melakukan sosialisasi dengan kepala desa (kades) se-Kecamatan Barteng untuk mengurus akta tanah. “Kita yang datang jemput bola dengan tujuan agar tidak ada lagi persengketaan tanah di tengah-tengah masyarakat,” pungkas Camat.

Sementara itu, Kades Parannapa Jae, Ali Kahar Pohan, menyambut baik rencana Camat Barteng. Sebab, otomatis akan meningkatkan ekonomi masyarakat dengan kepemilikan akta tanah, karena akta tanah secara langsung bisa dijadikan agunan untuk meminjam modal ke bank.

Baca Juga :  Banjir Di Rianiate - 117 Rumah Masih Terendam

“Ini cukup luar biasa, kita mendukungnya. Sebab, dengan memiliki akta tanah, kita bisa pinjam modal ke bank,” terangnya.

metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 12 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*