Di Psp dan Tapsel 280 Siswa Tak Lulus UN

www.metrosiantar.com

coret 4 Di Psp dan Tapsel 280 Siswa Tak Lulus UN
Illustrasi

SIDIMPUAN-METRO; Sebanyak 280 siswa SMA sederajat di Kota Padangsidimpuan (Psp) dan Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) dinyatakan tidak lulus Ujian Nasional (UN). Rinciannya, 75 siswa di Psp dan 205 siswa di Tapsel.

“Jumlah siswa SMA sederajat yang tak lulus UN di Psp sebanyak 75 siswa atau sekitar dua persen dari total 5.209 siswa yang menjadi peserta UN. Jika dibandingkan tahun lalu, angka pasti berapa jumlah siswa yang tak lulus saya lupa. Tapi yang pasti jumlah persentase kelulusannya sama dengan tahun ini, masih dalam kisaran yang sama yakni 98 persen. Hanya saja perbedaannya terletak pada komanya. Jadi saya bisa katakan masih stagnanlah angka kelulusan,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Psp, Drs Panongonan Muda melalu Kasi SMA Drs Mahlil kepada METRO, Minggu (25/4).

Diutarakan Mahlil, bagi siswa yang dinyatakan tidak lulus, dapat mengikuti UN ulangan sesuai dengan petunjuk Prosedur Operasional Standard (POS) pelaksanaan UN. UN ulangan direncanakan berlangsung mulai Senin (10/5) sampai Jumat (14/5) mendatang.

“Saat ini kita belum bisa merincikan sekolah mana saja yang siswanya tidak lulus UN. Mungkin besok (Senin, red) baru akan bisa diketahui. Kita juga menyarankan bagi sekolah masing-masing yang siswanya tidak lulus untuk segera melaporkannya sebagai persiapan pelaksanaan UN ulangan nantinya,” ujarnya.

Di Tapsel, 205 SiswaTak Lulus

Baca Juga :  Komitmen Polres P.Sidimpuan dalam Berantas Judi Dipertanyakan

Sementara itu Kepala Disdik Tapsel Marasaud melalui Kabid Dikmenti Drs Sulthoni mengatakan, dari total 3.312 siswa SMA sederajat yang mengikuti UN di Tapsel, sebanyak 205 siswa dinyatakan tidak lulus.

“Ada 205 siswa dinyatakan tidak lulus UN. Rinciannya, 118 siswa SMA dan MA, serta 87 siswa SMK,” ujar Sulthoni.

Lebih lanjut diutarakannya, untuk nilai hasil UN, pihaknya telah mendistribusikannya ke seluruh sekolah di Kabupaten Tapsel. “Berkas pengumuman hasil UN, hari Minggu ini (kemarin, red) sudah kita sebarkan ke seluruh sekolah. Jadi besok sekolah tidak ada alasan lagi untuk tidak mengumumkannya,” terangnya.

Sedangkan untuk persentasi kelulusan UN SMA sederajat tahun ini berada di kisaran 94 persen, atau persentase yang tidak lulus sebanyak 6 persen.

“Kalau persentase angka kelulusan tahun lalu, saya lupa angka pastinya. Besok sajalah, karena dilihat dulu datanya. Tapi yang jelas angka persentasenya tidak jauh berbeda. Sekarang saya masih berada di rumah sakit,” katanya mengakhiri. (mag-01)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*