Di Sidimpuan Malam Hari Harus Pakai Helm – Kalau Tidak Sepedamotor Ditahan

Illustrasi (google)

Polres Padangsidimpuan akan menindak tegas setiap pengendara sepedamotor yang tidak tertib berlalu-lintas. Salah satunya menahan sepedamotor pengendara yang tidak memakai helm ketika terjaring razia siang dan malam hari.
Kapolres Padangsidimpuan (Psp) AKBP Andi S Taufik melalui Kasatlantas AKP Asmara kepada METRO, Jumat (25/2) mengatakan, razia helm akan terus dilakukan Satlantas. Ini dimaksudkan untuk pembinaan agar pengendara sepedamotor di Kota Psp memakai helm baik siang ataupun malam hari.

“Razia helm yang kita gelar di depan pos kota, Alaman Bolak, Kamis (24/2) malam pukul 20.30 WIB hingga pukul 21.00 WIB kemarin sifatnya hanya sekedar pembinaan, bukan penindakan seperti ditilang atau lain sebagainya. Lagi pula, pemakaian helm itu kan untuk keselamatan pengendara sendiri,” ungkapnya. Diutarakan Asmara, bagi pengendara sepedamotor yang tidak menggunakan helm, maka kendaraannya ditahan. Pengendara, kata Asmara, bisa saja mengambil sepedamotornya langsung asalkan mengambil helmnya atau menunjukkan helm kepada petugas. “Tidak kita tilang. Cuma kita tahan sebentar sampai pemilik kendaraan bisa menunjukkan helm. Setelah itu kendarannya kita berikan kembali. Makanya razia ini untuk pembinaan kepada warga, bukan penindakan. Ada beberapa pengendara yang sempat ditahan sepedamotornya karena tidak memakai helm. Jumlah pastinya, saya tidak tahu,” terang perwira dengan pangkat tiga garis kuning di pundaknya tersebut. Namun, lanjut Asmara, dalam razia berikutnya kepada pengendara sepedamotor yang tidak memakai helm dan kelengkapan surat kendaraannya, akan ditilang.

“Setelah kita lakukan pembinaan seperti ini, jika dalam razia berikutnya baik malam ataupun siang hari masih juga tidak menaati peraturan seperti memakai helm, maka akan kita tilang seperti biasanya sesuai aturan dan kesalahan yang dilakukan,” tegasnya sembari mengatakan dalam waktu dekat, pihaknya pasti akan menggelar razia.
Kasat Lantas meminta seluruh pengendara agar mematuhi aturan terutama menggunakan helm baik siang ataupun malam hari, demi kenyamanan dan keselematan pengendara itu sendiri. “Sayangi nyawa kita, patuhi aturan berkendaraan dan rambu-rambu lalu-lintas agar kita selamat di perjalanan,” pungkasnya.

Baca Juga :  Padang Sidimpuan Batal Terima Rp1 M dari Kemensos Untuk Rehab 100 Rumah Tak Layak Huni

Kabag Hukum Pemko Psp Rahmat Nasution SH kepada METRO, Jumat (25/2), memberikan dukungan sepenuhnya kepada Polres Psp dalam razia helm tersebut. Sebab, kata Rahmat, razia itu intinya untuk keselamatan pengendara sendiri termasuk demi tertib dan sadar atas aturan berkendaraan. “Sebenarnya razia itukan wewenang sepenuhnya dari Polres Psp, jadi tidak berkaitan dengan kita. Apa yang sudah dilakukan Satlantas Polres sangat baik dan kita mendukung sepenuhnya, karena tujuannya untuk keselamatan pengendara juga. Yang pasti, kita dari Pemko mendukung sepenuhnya,” tegasnya. Rahmat juga mengharapkan Satlantas tidak pilih kasih dalam razia dan lebih intens, sehingga warga Psp lebih patuh dan taan mengikuti aturan berlalu-lintas. Senada juga dikatakan Ketua Komisi I DPRD Psp Khoiruddin Rambe, Jumat (25/2). Khoiruddin mengaku mendukung razia helm pada siang ataupun malam hari.

“Sudah seharusnya kita mendukung razia yang dilakukan Polres, karena yang namanya kecelakaan tersebut tidak mengenal siang atau malam hari. Apalagi tujuannya adalah untuk keselamatan kita selama berkendaraan,” ujarnya.
Khoiruddin meminta Polres Psp melalui Satlantas untuk terus meningkatkan sosialisasi tentang penggunaan helm berstandar nasional dan aturan lainnya soal berlalu-lintas ke sekolah, kampus dan juga masyarakat.
“Jadi, kalau sudah dikasih tahu tapi masih melanggar juga, berarti memang manusianya yang salah dan wajar diberi tindakan hukum,” tuturnya.

Khoiruddin juga berharap Satlantas untuk merazia sepedamotor berknalpot blong atau yang sudah dimodofikasi sehingga menimbulkan suara yang sangat bising. “Knalpot bising juga harus jadi perhatian polisi. Karena suaranya sangat mengganggu, terutamanya di malam hari,” sarannya. (phn)- (metrosiantar.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  2010 Sumut Peroleh Alokasi DAU Rp 11,633 Triliun dan DAK Rp1,425 Triliun Lebih

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*