Di Tapsel Banyak Desa Belum Dialiri Listrik

TAPSEL – Di Kabupaten Tapanuli Selatan, masih banyak desa dan dusun yang belum dialiri listrik. Namun sebagian dari jumlah itu sudah mendapatkan bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Kabid Listrik dan Migas Dinas Pertambangan dan Energi Tapsel Sati Tampubolon, membenarkan hal itu. Menurutnya, sebagian kecil desa dan dusun yang belum dialiri listrik PLN itu sudah mendapat bantuan PLTS bertenaga 40 watt dari pemerintah pusat.

PLTS ini disebar di wilayah terpencil di Tapsel. Seperti Desa Siuhom Kecamatan Angkola Barat, Desa Gunung Baringin Kecamatan Angkola Selatan dan lainnya.

“Desa Siuhom ada dua dusun, yakni Dusun Tangga Batu dan DusunVilla. Dari dulu belum ada aliran listrik di sana. Sebab jalan menuju lokasi rusak dan sangat jauh dari kota. Namun di kedua dusun itu, kita sudah memberikan PLTS bantuan pemerintah pusat sebanyak 7 unit.

Masing-masing dua unit untuk masjid, dua untuk gereja dan tiga di madrasah,” ujarnya kepada METRO, Selasa (7/5). Berbeda halnya dengan Desa Gunung Baringin, dimana hampir secara keseluruhan rumah sudah mendapatkan PLTS dari pemerintah pusat.

“Memang volume PLTS per desa berbeda, karena pengusulan ke pemerintah pusat juga berbeda. Secara keseluruhan, kita sudah mengusulkan PLTS ke seluruh desa yang belum mendapatkan aliran listrik.

Kalau masalah berapa PLTS yang datang ke daerah itu, kita tidak bisa memastikan. Sebab kita hanya mengusulkan dan yang mengelurkan dari pusat,” ungkapnya. Di sisi lain Sati menambahkan, untuk pemasangan PLN di desa-desa yang belum ada aliran listriknya, Pemkab Tapsel hanya bisa mengusulkan dua desa per tahun.

Baca Juga :  Seribuan Bikers Bersepeda Keliling Kota

“Pemkab hanya bisa menerima keputusan PLN. Sebab PLN kita menangani lima wilayah, yaitu Pemko Padangsidimpuan, Tapsel, Madina, Palas dan Paluta.

Sebenarnya kalau dana APBD ditargetkan untuk pembangunan, mungkin akan cepat terbenahi, Namun kenyataannya APBD hanya sebagian untuk pembangunan,” ujarnya. (mag-02)

Sumber: metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*