Digugat Yahoo, Facebook Beli 750 Paten IBM

KOMPAS.com – Facebook telah membeli 750 paten dari International Business Machines Corp (IBM). Hal itu dilakukan Facebook setelah mendapat gugatan dari Yahoo.

Seperti dilansir Reuters, Facebook membeli paten dari IBM disebabkan karena situs jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut ingin meningkatkan portofolio properti intelektualnya, setelah digugat Yahoo.

Apalagi Facebook juga akan menggelar penawaran saham perdana (Initial Public Offering/IPO) dengan kapitalisasi modal hingga 100 miliar dollar AS. Dengan rencana tersebut, Facebook dinilai perlu menjaga produknya dengan paten-paten.

Paten IBM yang dibeli Facebook meliputi perangkat lunak, jaringan, dan teknologi. Meski tidak disebutkan berapa dana yang disiapkan Facebook untuk memborong paten tersebut.

Dalam peran paten melawan Yahoo, Facebook bisa dibilang kalah dalam jumlah kepemilikan paten. Berdasarkan database pemerintah AS hingga akhir 2011, Facebook hanya memiliki 56 paten dan 503 aplikasi yang telah didaftarkan pada U.S. Securities and Exchange Commission.

Sementara, Yahoo mengklaim telah memiliki sekitar 3.300 paten dan aplikasi paten yang telah diterbitkan.

Sekadar catatan, Yahoo menggugat Facebook karena dinilai melanggar 10 hak patennya termasuk sistem dan metode untuk iklan di situs.

Kasus ini seperti ulangan dari keputusan Yahoo untuk menggugat Google menyusul penawaran saham perdana perusahaan tu pada 2004 lalu.

Sengketa masalah hak paten itu dimenangkan Yahoo yang memperoleh sejumlah pembayaran. Disebutkan Google melakukan penyelesaian kasus itu dengan menerbitkan 2,7 juta saham untuk saingannya.

Baca Juga :  Ukur Pengaruhmu di Twitter dan Blog
Sumber : reuters
CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*