Diguyur Hujan Tapsel Dilanda Banjir – 10,5 Hektar Sawah dan Kebun Terendam, 1 Unit Jembatan Ambruk

Akibat guyuran hujan selama dua hari membuat meluapnya sungai Aek Sibatang dan Selai sehingga 10,5 hektar sawah dan kebun siap panen (6 hektar sawah, 1,5 hektar kebun cabe dan 3 hektar kebun jagung) terendam air di Dusun Goa Asom Desa Janji Matogu Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan, Rabu (3/11).

Salah seorang warga Desa Goa Asom Himpun kepada SIB mengatakan, debit air Sungai Aek Sibatang dan Selai mulai naik, Senin (1/11) dan Selasa (2/11) malam. “Air sungai tersebut meluap dan menggenangi persawahan dan perumahan masyarakat sekitar,”ujarnya.

Camat Angkola Selatan Hamdi S Pulungan SSos yang ditemui SIB di lokasi bencana mengatakan di Dusun Goa Asom Desa Janji Matogu debit air mudah naik setiap musim hujan namun cepat juga surut. Dijelaskan, akibat meluapnya Sungai Aek Sibatang dan Aek Selai selain menggenangi sawah dan kebun, juga satu unit jembatan ambruk yang menghubungkan Dusun Goa Asom dan Janji Matogu karena terseret derasnya arus sungai.

Wakil Bupati Tapsel Ir H Aldinz Rapolo Siregar di sela-sela memantau sawah dan perkebunan yang terendam mengatakan agar masyarakat Dusun Goa Asom Desa Janji Matogu lebih meningkatkan kehati-hatian kalau musim penghujan. “Tingkatkan kewaspadaan selama musim penghujan, segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi jika sudah terlihat adanya gejala bakal meluapnya sungai,” ujarnya.

Baca Juga :  Polda Sumut Akan Tetapkan 12 Tersangka Rusuh Batang Toru

Kepada para instansi terkait khususnya bidang penanggulangan bencana alam Rapolo minta agar meningkatkan responsibility dan segera turun ke lokasi jika ada mendapat laporan tentang terjadinya bencana.

Rombongan Wakil Bupati beserta wartawan tiba di lokasi Rabu (3/11) sekitar pukul 01.00 WIB Saat tiba di lokasi debit air yang sempat menggenangi rumah warga sudah mulai surut dan arus sungai pun sudah kembali normal. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, kerugian ditaksir ratusan juta rupiah. (hariansib.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*