Dinkes Paluta berlakukan Jampersal

GUNUNGTUA – Pemkab Padang Lawas Utara melalui Dinas Kesehatan Paluta bakal menerapkan program jaminan persalinan (Jampersal) pada Juni mendatang. Demikian disebutkan Plt. Kadis Kesehatan Paluta, Darwin Harahap.

Dikatakannya, jaminan persalinan ini merupakan program persalinan gratis yang diberikan kepada masyarakat langsung dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Saat ini masih dilakukan penyusunan tim untuk melaksanakan program tersebut. Setelah dana dikucurkan, maka program langsung dilaksanakan awal Juni mendatang di Paluta.

Diutarakan, program ini berlaku untuk persalinan secara normal di RSUD dan bidan di wilayah Paluta, namun harus dilengkapi dengan data-data yang lengkap. “Sebenarnya ini bukan gratis, akan tetapi setelah persalinan anatinya selesai baru pembayarannya akan dibayar oleh program itu melalui dana dari kementerian,” terangnya.

Menurut Darwin, Jampersal ini bisa dinikmati siapa saja yang melakukan persalinan, baik keluarga miskin atau keluarga berada. Program persalinan ini berlaku bagi pasien yang melakukan persalinan normal di Puskesmas dan Rumah Sakit. “Jampersal bukan untuk masyarakat prasejahtera, namun bagi siapa saja yang mau ikut Jampersal,” sebutnya.

Ketika disinggung bagaimana mekanisme agar bisa dapat jampersal, Darwin menyebutkan cara mendapatkan layanan bersalin gratis, katanya, warga cukup menunjukkan KTP atau Kartu Jamkesmas. Soal administrasi pembayaran akan diurus pihak Puskesmas atau RSUD itu sendiri yang akan mengklaim pembayarannya ke Dinas Kesehatan.

Baca Juga :  37 Tahun, Giggs Bakal Tambah Kontrak

Waspada.co.id

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*