Dinkes Paluta Terbaik Tingkat Nasional

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) terpilih sebagai Dinkes terbaik tingkat nasional tahun 2010 oleh Kementerian Kesehatan untuk mewakili Provinsi Sumatera Utara pada acara HUT RI ke-65 di Jakarta.

“Dinas Kesehatan Paluta terpilih sebagai Dinkes terbaik 2010 karena memiliki program unggulan yang sangat tepat. Yakni program puskesmas spesifik di bidang kesehatan,” kata tim dari Kemenkes, Marendro Arifin SKom kepada METRO, Rabu (4/8).

Diutarakannya, terpilihnya Dinkes Paluta sebagai Dinkes terbaik tahun 2010 di bidang kesehatan, karena mempunyai program-program unggulan yang langsung menyentuh permasalahan kesehatan di daerahnya dengan membuat program spesifik di bidang kesehatan.

Bupati Paluta Drs Bachrum Harahap melalui Kepala Dinas Kesehatan Paluta H Mara Bintang Harahap SKM MSc mengatakan, dengan prestasi tersebut pihaknya akan meningkatkan kesehatan di wilayah Paluta, khususnya di puskesmas unggulan.

Disebutkan Mara Bintang, upaya yang akan ditempuh, pihaknya mencari data dan informasi di setiap wilayah puskesmas terkait persoalan kesehatan yang menjadi mayoritas di sana dan menjadi prioritas.

Kemudian dilakukan spesifikasi program puskesmas tersebut. Selanjutnya dilakukan pembinaan dan pelatihan kepada tenaga medis puskesmas, bidan, pengkaderan Posyandu, serta masyarakat untuk memahami, mengetahui, dan mencegah serta cara menanggulangi permasalahan kesehatan tersebut.

Lebih lanjut dikatakan Mara Bintang, program puskesmas spesifik bersikap proaktif dalam menjalankan fungsinya. “Puskesmas spesifik adalah pusat pembangunan kesehatan masyarakat yang promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif,” tukasnya.

Baca Juga :  Dinas Kesehatan dan Sosial Kab. Paluta Himbau Masyarakat untuk Waspadai penyakit pada pergantian cuaca

“Alhamdulillah, dari program puskesmas spesifik ini, Kabupaten Padang Lawas Utara bisa terpilih menjadi Dinkes terbaik tahun 2010 untuk mewakili Sumatera Utara. Saya berharap seluruh masyarakat Padang Lawas Utara dapat mendukung program ini, sehingga kita dapat mendapatkan manfaatnya,” tambahnya.

Untuk diketahui, puskesmas spesifik hadir di sembilan kecamatan di Kabupaten Paluta, dan berupaya memberikan pelayanan yang maksimal. Yakni di Portibi (puskesmas spesifik PHBS atau perilaku hidup bersih dan sehat), Sipiongot (puskesmas spesifik PHBS), Gunungtua (puskesmas spesifik Sayang Ibu), Padangbolak Julu (puskesmas spesifik bebas TB),.Kecamatan Dolok Sigompulon (puskesmas Sayang Ibu), Halongonan (puskesmas spesifik bebas rawan gizi), Batang Onang (puskesmas spesifik bebas gizi), Hulu Sihapas (puskesmas spesifik sayang ibu), Simangambat (puskesmas PHBS).

Sumber: http://metrosiantar.com/METRO_TANJUNG_BALAI/Dinkes_Paluta_Terbaik_Tingkat_Nasional

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

2 Komentar

  1. Buktihonma aha sloganmu ULANG KORUPSIHON HEPNGNI NEGARA HARANA, INDA HEPENGNI OPPUNGMU DOHOT TULANGMU I.
    H O R A S

  2. Horas PALUTA Kabupaten baru namun sudah berprestasi tingkat nasional Bidang Kesehatan. Ayo bidang yg lain jng ketinggalan kamu jg bisa. Tarimo kasih tusude akka para pejabat khususna di PEMKAB PALUTA . Krm solom tu akka dongan sahuta na adong di Pandaraman.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*