Dintaben Sumut Temukan 14 Titik Panas Bumi Di Madina

MEDAN- Berdasarkan kajian awal Dinas Pertambangan dan Energi (Ditamben) Sumut, ada 14 titik potensi panas bumi yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota, salah satunya potensi panas bumi Pusik Buhit di Kabupaten Toba Samosir. Dari jumlah tersebut direncanakan akan segera dilelang pada awal tahun 2012 mendatang. “Ada 14 titik potensi panas bumi, yang potensial untuk dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Di Sibayak yang sudah berproduksi menghasilkan daya listrik sebesar 10 MegaWatt. Untuk Pusuk Buhit yang merupakan, lintas kabupaten/kota meliputi Tobasa, Samosir, Humbang Hasundutan dan Tapanuli Utara dan menjadi kewenangan provinsi akan ditenderkan awal tahun 2012,” kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Sumut Untungta Kaban, di Medan, Rabu (14/9).

Ke-14 titik potensi Panas Bumi tersebut, tersebar di sejumlah kabupaten/kota antara lain, di Mandailing Natal (Madina), Kabupaten Karo, Langkat, Tapanuli Utara (Taput), Simalungun, Samosir, Tapanuli Selatan (Tapsel) dan Toba Samosir (Tobasa). Selain itu, di Deliserdang, tepatnya di daerah Namo Linting juga terdapat sumber panas bumi yang potensial untuk pembangkit listrik.(ari)

www.hariansumutpos.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*