Diperediksi Lahan Pertanian Kota Padangsidimpuan Tahun 2033 Berkurang

Padangsidimpuan, 15/9 – Diperediksi Lahan Pertanian di Kota Padangsidimpuan pada tahun 2033 akan berkurang.

Kepala Dinas Pertanian Ir Parimpunan Siregar, Kamis, mengatakan, diperediksi tahun 2033 di Kota Padangsidimpuan untuk lahan akan mencapai 1618,87 Hektar (Ha), untuk tahun 2016 saat ini lahan sawah di Kota Padangsidimpuan mencapai 3166 Ha.

Tambahnya, untuk diketahui bersama juga, pada tahun 2010 luas lahan pertanian saat ini mencapai 4045 Ha, sehingga di pastikan pada tahun 2016 ini Kota Padangsidimpuan mengalami kekurangan lahan persawahan mencapai 879 Ha.

Menjadi harapan bersama berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2014 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Padangsidimpuan 2013-2033, terkhusus untuk dua kecamatan seperti Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu, dan Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru akan menjadi kecamatan prioritas penyumbang terbesar hasil pertanian di Kota Padangsidimpuan mengingat kedua kecamatan tersebut masih memiliki luas baku sawah yang tercukupi dalam mendukung swasembada pangan.

Lahan sawah di dua kecamatan harus dipertahankan, sehingga untuk peningkatan produksi pertanian tetap bisa ditingkatkan hingga tahun 2033 nanti.

Ini menjadi perhatian bersama buat yang memiliki lahan pertanian di Kota Padangsidimpuan agar mempertimbangkan lahannya serta mendedikasikan lahan persawahan untuk mendukung swasembada pangan ke depan, sehingga optimalisasi lahan di daerah kita tetap terjaga, ucapnya.


antarasumut.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 3 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Kasus PS Sidimpuan Terkesan Diskriminatif

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*