Dirut PLN: Listrik di Bandara Bakal Mati Berhari-Hari

Berdasarkan usulan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk mengganti alat baru instalasi listrik, Bandara Soekarno Hatta (Soetta) siap-siap mati lampu lagi.

Nantinya, dalam penggantian tersebut salah satunya adalah akan mengganti kubikel. Dengan mengganti kubikel itu, maka diperkirakan listrik bandara akan mati lagi.

“Yang menjadi krusial itu, nanti seluruh listrik harus mati dan ini tidak sebentar, ini bisa berhari-hari,” ungkap Direktur Utama PLN Dahlan Iskan, di sela waktu istirahat saat melakukan rapat kerja bersama Komisi VII DPR-RI, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (23/9/2010).

Oleh karena itulah, saat ini PLN sedang mencari cara bagaimana mengganti kubikel itu tanpa mengganggu listrik di bandara. Adapun kubikel ini sebenarnya merupakan alat yang terpenting dalam pengamanan listrik bandara, karena alat tersebut memiliki fungsi untuk mengatur atau biasa dinamakan relay proteksi.

Kubikel ini dipasang pada banyak tempat dalam instalasi agar bila terjadi masalah di satu lokasi, tidak akan menyebar keseluruh lokasi lainnya dalam instalasi kelistrikan.

Jumlah kubikel yang dibutuhkan untuk kemudian diganti berjumlah sekitar seratus buah. Sedangkan harga untuk satu buah kubikel tersebut, menurutnya berkisar antara Rp40 juta sampai Rp50 juta.(ade)

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2010/09/23/320/375322/dirut-pln-listrik-di-bandara-bakal-mati-berhari-hari

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Cirus Pegang Rahasia Besar Sehingga Dilindungi

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*