Disdik Paluta Gelar OSN Tingkat SMP Tahun 2014

Paluta, (Analisa). Lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kabupaten untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sabtu (8/3) digelar di Aula SMP Negeri 1 Padang Bolak.

Lomba diikuti seluruh sekolah tingkat SMP negeri maupun swasta di Paluta yang memperlombakan 4 mata pelajaran masing-masing Biologi dengan peserta sebanyak 27 siswa, Fisika sebanyak 29 siswa, Matematika sebanyak 29 siswa, dan IPS sebanyak 29 siswa.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Menengah/Jurusan Disdik Paluta Drs Umar Pohan MSi,  tujuan OSN itu untuk mengukur sejauh mana kemampuan guru dalam mendidik siswa serta untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di daerah Paluta.

“Selain untuk menjaring siswa yang akan dikirim untuk mewakili Paluta pada OSN tingkat provinsi, kegiatan ini juga untuk mengukur kemampuan guru dalam mendidik muridnya,” ujarnya.

Lanjutnya, pelaksanaan OSN tahun ini diharapkan lebih baik dari tahun sebelumnya sebab pada tahun sebelumnya Paluta berhasil meloloskan 9 siswa untuk berlomba di ajang OSN tingkat Provinsi. “Tahun lalu ada 9 siswa yang lolos ke tingkat provinsi, untuk tahun ini kita harapkan lebih baiklah dari tahun lalu,” ungkapnya.

Selain itu, umar sangat menyayangkan masih adanya SMP yang tidak mengikuti pelaksanaan OSN untuk tahun ini. Adapun SMP yang tidak mengikuti OSN tahun ini antara lain, SMP N 1 Batang Onang, SMP N 2 Satu Atap Batang Onang, SMP N 3 Padang Bolak Julu, SMP N 3 Satu Atap Portibi, SMP N 4 Simangambat dan SMP N 7 Padang Bolak.

Baca Juga :  Harga TBS Sawit di Madina Anjlok Jadi Rp 800/Kg

Dirinya berharap agar sekolah tersebut dapat mengikutinya untuk tahun yang akan datang sebab kegiatan ini merupakan salah satu sarana untuk peningkatan mutu pendidikan di lingkungan sekolah.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Padang Bolak Khoirul Saleh mengungkapkan bahwa dirinya sangat mendukung pelaksanaan OSN ini sebab kegiatan ini merupakan salah satu pemicu peningkatan prestasi dan juga sebagai motivasi bagi siswa yang lain untuk lebih giat dalam belajar.

“OSN ini merupakan salah satu wahana untuk menguji tingkat intelektualitas anak-anak yang sesungguhnya dan juga pemicu bagi peningkatan prestasi para siswa,” ungkapnya. (ong)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*