Disiplin Pegawai Poskesdes Kurang, DPRD Ingatkan Kadinkes

Ketua Komisi III DPRD Padangsidimpuan (Psp), Hamdani Nasution mengingatkan Kepala Dinas Kesehatan supaya menerapkan disiplin kerja pegawainya di Pos Kesehatan Desa (Poskesdes).
“Jangan sampai ada lagi nantinya pada saat monitoring Komisi III ditemukan pegawai Pos Kesehatan Desa itu malas bekerja,” tutur Hamdani Nasution didampingi Wakil Ketua, Darwin Harahap dan anggota Aryanto, Anggara Muda, Anwar Panjaitan, Siti Hawani dan Syahrun Harahap kepada METRO,Kamis (24/3).
Diterangkannya, Poskesdes merupakan kantor pelayanan kesehatan masyarakat tingkat pedesaan, tapi kantor tersebut tidak dimaksimalkan oleh pimpinan Dinas Kesehatan. “Untuk itu kepada Wali Kota Psp untuk mengevaluasi seluruh kinerja Dinkes selama periode tahun 2010 lalu, khususnya soal hasil dari seluruh program yang dilaksanakan Dinkes Psp,” sarannya.
Hasil monitoring anggota Komisi III DPRD, Selasa (22/3) bukan hanya sejumlah pegawai poskesdes di Kota Psp saja yang kurang disiplin, tapi alat kesehatan tidak difungsikan.
“Jadi kebijakan pengadaan barang atau alkes ataupun pembangunan poskesdes harus melihat sisi kegunaannya kepada masyarakat. Jangan nantinya setelah poskesdes dibangun tidak dimanfaatkan, padahal tujuan dibangunnya poskesdes untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih maksimal kepada masyarakat dan alkes sebagai penunjang utama untuk memberikan pelayanan itu, tapi kalau tidak difungsikan, untuk apa ratusan juta rupiah uang masyarakat dihamburkan untuk membeli alkes atau membangun sarana kesehatan kalau tidak difungsikan,” kata mereka.
Mengenai rencana monitoring kembali, sebut Hamdani Nasution, Komisi III DPRD akan turun langsung. Dan kejaggalan yang ditemukan akan dijadikan bahan Komisi III DPRD Psp untuk memanggil Dinkes dalam rangka rapat kerja membahas hasil atau kinerja Dinkes selama tahun 2010 lalu untuk perbaikan pada tahun 2011 ini. “Nantinya setelah kita selesaikan monitoring diseluruh Kota Psp ini, akan kita jadikan bahan evaluasi kinerja Dinkes Psp selama tahun 2010 untuk pembenahan ditahun 2011 ini,” tegas mereka.

Baca Juga :  Menangkap Pelaku Pengeroyokan di Manegen Padangsidimpuan, 1 Warga Tertembak, Mobil Polisi Dirusak

Kepala Dinas Kesehatan Psp, Drg Doria Hafni Lubis MKes kepada METRO, Kamis (24/3) menegaskan, soal poskesdes di Desa Aek Najaji, Kecamatan Psp, Batunadua, petugas kesehatannya serta alkes seperti kursi, tempat tidur, timbangan dan lainnya sudah dimasukkan ke dalam poskesdes.

Sementara petugas kesehatannya sudah mulai bertugas di poskesdes yang baru selesai tahun 2010 lalu.
Hanya saja katanya, selama ini ada kendala mengapa sampai petugas kesehatan ini belum ditempatkan. Petugas kesehatan di desa itu belum diserahterimakan, termasuk pengadaan alkes yang dititipkan kepada petugas kesehatan di Desa Gunung Hasahatan. “Kalau petugas kesehatan di daerah lain seperti Poskedes Desa Aek Najaji sudah bertugas seperti biasa,” ujarnya.

Disebutkan, poskesdes di Desa Pudun Jae, petugas kesehatannya juga sudah diberi teguran langsung agar bertugas dan memfungsikan bangunan poskesdes dan sudah bertugas seperti biasanya. “Ini juga berlaku untuk semua poskesdes atau bangunan saran kesehatan yang ada di Kota Psp,” tegasnya.

Kepala Desa (Kades) Aek Najaji, Ahmad Siregar kepada METRO, Kamis (24/3) membantah menghalang-halangi petugas kesehatan ditempatkan didesanya, karena tidakan itu adalah salah. Ia sendiri tidak setuju kalau pelayanan kesehatan kepada masyarakat tidak maksimal. “Soal alkes sudah diserahterimakan dan sudah kita bantu bersama masyarakat untuk memasukkannya ke poskesdes, agar petugas kesehatan bisa langsung bertugas memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, jadi tidak benar kami menghalangi, malah kami sangat mendesak agar petugas ditempatkan didesa kami,” ucapnya. (phn/nik) (metrosiantar.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Polres Tapsel tingkatkan pengamanan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*